Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Penerapan kegiatan tahsin tahfidzul quran dengan metode tsaqifa dalam pembelajaran Alquran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tsaqifa, serta (3) Hasil dalam kegiatan tahsin dan tahfidzul quran menggunakan metode tsaqifa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran mata pelajaran  Alquran  di  SMK  Muhammadiyah  3  Surakarta.  Objek penelitian ini adalah hasil dari metode pengajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Alquran. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi metode tahsin dan tahfidzul qurna dengan metode tsaqifa dalam pembelajaran membaca Alquran disesuaikan dengan tingkat bacaan siswa dan tetap menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah secara individual, baca simak, tutor sebaya dengan menggunakan   metode tsaqifa, adalah metode ini dirancang khusus untuk orang yang belum pernah belajar Alquran atau yang pernah belajar tetapi masih terbata-bata bacaannya. Faktor penghambat yaitu masih banyaknya kemampuan bacaan Alquran masih terbata-bata, kurangnya ketertarikan untuk belajar Alquran, dan kurangnya sarana prasarana. Faktor pendukung yaitu faktor internal adalah faktor yang muncul dari pribadi siswa sendiri, dan faktor eksternal yaitu faktor keluarga, institusional, dan lingkungan sekolah. Untuk mengatasi setiap permasalahan atau faktor penghambat tersebut masih dikaji untuk ditemukan solusi yang tepat. Pengkajian dilakukan melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan Pimpinan atau Kepala Sekolah.
Copyrights © 2019