Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Vol 7 No 2 (2018): Agustus 2018

ASSOCIATION RULE MINING UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PRODUK ( STUDI KASUS PADA PD. XYZ )

Doni Winarso (Universitas Muhammadiyah Riau)
Anwar Karnaidi (Universitas Muhammadiyah RIau)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2018

Abstract

Analisis association rule adalah teknik data mining yang digunakan untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. penelitian ini menggunakan algoritma apriori. Dengan algoritma tersebut dilakukan pencarian frekuensi dan item barang yang paling sering muncul. hasil dari penelitian in menunjukkan bahwa algoritma apriori dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi sehingga diketahui mana produk yang harus dipromosikan. Perhitungan metode apriori menghasilkan suatu pola pembelian yang terjadi di PD. XYZ. dengan menganalisis pola tersebut dihasilakn kesimpulan bahwa produk yang akan dipromosikan yaitu cat tembok ekonomis dan peralatan cat berupa kuas tangan dengan nilai support 11% dan confidence 75% .

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and ...