Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan

Motivasi Guru Pustakawan: Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa A Pembina Tingkat Nasional

Galih Gita Pangestu (Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)
Margareta Aulia Rachman (Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sumber daya manusia di Sekolah Luar Biasa A Pembina Tingkat Nasional (SLB A PTN), yang berfokus pada motivasi kerja guru pustakawan. Guru pustakawan di SLB A PTN ini merupakan seorang guru yang dengan sukarela merangkap tugasnya menjadi seorang guru pustakawan. Untuk itu dalam melakukan pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar, seorang guru pustakawan tersebut pasti memiliki motivasi yang membuat guru pustakawan tersebut menjalankan dua tugas sekaligus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan motiviasi yang dimiliki guru pustakawan SLB A PTN dalam bekerja dan faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi guru pustakawan bekerja berdasarkan pada keinginanya untuk mewujudkan perpustakaan yang baik. Selain itu, faktor yang memengaruhi motivasi guru pustakawan adalah faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu berdasarkan prestasi, pengakuan, tanggung jawab dan status pekerjaannya. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan (JIPK) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Cakupan topik meliputi: 1. Etika Profesi ...