AQUANIPA-Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan
Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Aquanipa

PENGARUH PENYUNTIKAN KELENJAR HYPOFISA DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP LAJU PEMIJAHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

Gabriela M.O Koten (UNIPA)
Sofia Dhengi (UNIPA)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Ikan Lele dumbo (Clarias gariepinus) adalah salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di seluruh pelosok tanah air dan menjadikan ikan konsumsi yang cukup populer. penelitian ini bertujuan untukĀ  mengetahui pada dosis berapakah ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) dapat memijah dengan waktu latensi tercepat menggunakan penyuntikan hypofisa. Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga taraf perlakuan dan setiap perlakuan diulang tiga kali dengan mengamati waktu lantesi pemijahan. Perlakuan dosis penyuntikan berdasarkan jumlah dan berat ikan donor dan ikan resipien adalah perlakuan (P1): 3 dosis/kg artinya jumlah ikan resipien satu ekor/kg dan jumlah ikan donor induk jantan tiga ekor/kg.Perlakuan (P2): 5 dosis/kg artinya jumlah ikan resipien satu ekor/kg dan jumlah ikan donor induk jantan lima ekor/kg.Perlakuan (P3):7 dosis/kg artinya jumlah ikan resipien satu ekor/kg dan jumlah ikan donor induk jantan tujuh ekor/kg. Hasil penelitiandengan pemberian dosis 0,5 mL/kg menunjukan latensi waktu tercepat (630 menit; 10,30) dan hasil terbaik dalam merangsang hormon gonadotropin untuk mempercepat proses pemijahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

projemen

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

AQUANIPA, Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Perikanan Berkelanjutan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Nipa, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta ...