Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Ba

Faktor Pembentuk Behavioral Intention to Visit atas Informasi yang Diperoleh Dari Travel Blogs Kidalnarsis.com (Studi: Komparasi Antara Generasi X dan Generasi Y dalam Mengunjungi Destinasi Wisata Padang Heritage)

Divi Hannitry Prakoso (STIE Indonesia Banking School)
Meta Andriani (STIE Indonesia Banking School)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Travel blogs can be used by potential tourists to find out information about the place that will be the main destination especially first. This study aims to find out information about a blog that can satisfy the reader, make the information needed and can influence the behavioral intention to visit after reading the kidalnar-sis.com blog. This research is a type of quantitative descriptive comparative research, by comparing the same variables for different samples, Millennials and X. Survey techniques using online questionnaires. The data collected in this study amounted to 147 Millennials generation respondents and 130 students X respondents using Structural Equation Modeling (SEM) analysis method. This research provides conclu-sions, namely on talented people in matters that can influence the interest in the use of blogs by novels, understanding and interest, and reliability. Whereas in class X respondents in influencing the Expected Comfort of the Use of Blog by Understanding, Interest and Reliability, Clean Novelty. Then the Perceived Enjoyment of Blog Usage proved to have a positive and significant influence on the Purpose Image, and the Purpose of the Image proved to have a positive and significant influence on Visit Intention. Blog perjalanan dapat digunakan oleh wisatawan potensial untuk mengetahui informasi tentang tempat yang akan menjadi tujuan utama, terutama terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui in-formasi tentang blog yang dapat memuaskan pembaca, membuat informasi yang dibutuhkan dan dapat mempengaruhi niat perilaku untuk mengunjungi setelah membaca blog kidalnarsis.com. Penelitian ini ada-lah jenis analisis komparatif deskriptif kuantitatif, dengan membandingkan variabel yang sama untuk sam-pel yang berbeda, Millenial dan X. Teknik survei menggunakan kuesioner online. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berjumlah 147 responden generasi milenium dan 130 responden generasi X menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini memberikan kes-impulan, yaitu pada orang-orang berbakat dalam hal-hal yang dapat mempengaruhi minat dalam penggunaan blog menurut novel, pemahaman dan perhatian, dan reliabilitas. Sedangkan pada generasi X dalam mengendalikan Kenyamanan yang Diharapkan dari Penggunaan Blog dengan Memahami, Minat, dan Keandalan, Clean Novelty. Kemudian Perceived Enjoyment of Blog Usage terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purpose Image, dan Purpose Image terbukti memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Visit Intention.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEMP

Publisher

Subject

Description

Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan ini menyajikan hasil penelitian bidang: Ekonomika Keuangan; Manajemen Keuangan & Struktur Keuangan; Manajemen Pemasaran; Manajemen Perbankan; Manajemen Risiko dan Enterprise Risk Management; Investment Banking; Bank dan Pasar Modal; serta Keuangan Perusahaan ...