Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2015)

Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA

zulva munayati (Sriwijaya University)
Zulkardi Zulkardi (Sriwijaya University)
Budi Santoso (Sriwijaya University)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan soal di buku teks Matematika Kelas X berdasarkan framework PISA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. Subjek penelitiannya berupa soal uji kompetensi di Bab 1, 2, 9, dan 11 buku Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan jumlah soal framework PISA pada buku teks hanya 44 soal (46,81%), lebih rendah dari soal non-framework PISA yang mencapai 50 soal (53,19%). Dalam soal framework PISA, semua aspeknya termuat. Pada aspek konten, jenis konten didominasi Shape and Space (Ruang dan Bentuk) 24 soal (54,54%), lalu Uncertainly and Data (Ketidakpastian dan Data) 10 soal (22,73%), Change and Relationship (Perubahan dan Hubungan) 6 soal (13,64%), dan Quantity (Bilangan) 4 soal (9,09%). Pada aspek konteks, jenis konteks yang sering digunakan Science (Ilmiah) 31 soal (70,45%), lalu Occupational (Pekerjaan) 8 soal (18,18%), Personal (Pribadi) 3 soal (6,81%), dan Societal (Sosial) 2 soal (4,54%). Pada aspek proses, yang dominan Employ (Menerapkan) 35 soal (79,54%), diikuti Interpret (Menafsirkan) 5 soal (11,36%) dan Formulate (Merumuskan) 4 soal (9,09%). Terkait tingkat kesulitan, soal framework PISA baru mencapai level 4. Sebarannya, level 2 (21 soal atau 47,72%), level 3 (17 soal atau 38,63%), level 4 (4 soal atau 9,09%), dan level 1 (2 soal atau 4,54%). Kata kunci: deskriptif-analitis, buku teks, kurikulum 2013, soal framework PISA.DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2161.188 - 206

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...