Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2018)

PENGARUH METODE KUIS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Dian Purnama Sari (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhamad Syazali (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kuis interaktif, mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh peneliti pada mahasiswa semester III Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung. Jenis penelitian kuantitatif ini adalah jenis Kuasi Eksperimen. Uji hipotesis menggunakan Uji T 2 sampel tidak berkolerasi. Hasil penelitian  didapat kesimpulan bahwa  rata rata kemampuan pemecahan masalah matematis metode kuis interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang berbeda pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara mahasiswa yang kelasnya menerapkan metode kuis interaktif, mahasiswa yang dikelasnya menerapkan model pembelajaran konvensional pada pokok pembahasan trigonometri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...