Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB)
Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

EFEKTIVITAS KOMUNITAS PELANGGAN KARTU SELULER PRABAYAR MEMBANGUN LOYALITAS, MENINGKATKAN USERSHIP

Widya Granita (Fakultas Bisnis dan Ilmu Social, IULI-International University Liaison Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2018

Abstract

Pelanggan telepon seluler di Indonesia begitu mudah untuk berganti nomor telepon keoperator lain. Hal ini tidak terlepas dari persaingan antar operator telekomunikasi diIndonesia,angka perputaran pelanggan telpon seluler (churn rate) di Indonesia diperkirakan mencapai 8,6 persen dalam sebulan. Disinilah kemampuan masing masing operator di uji untuk mempertahankan, dan menarik pelanggan sebanyak banyaknya dan tentu saja pelanggan yang menguntungkan. Perang tarifpun terjadi, klaim kualitas terbaik (jangkauan luas dan sinyal kuat) menjadi garansi penawaran, maka komunitas pelanggan menjadi strategi unggul yang dapat digunakan di tengah persaingan yang ketat ini.Value yang ingin ditawarkan adalah melalui customer relationship, dengan mengupayakan pendekatan melalui komunitas kartu prabayar dalam membangun hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan. Dengan menggunakan pemikiran dari bidang ilmu perilaku konsumen, penelitian ini berupaya untuk menelaah efektifitas komunitas pelanggan kartu prabayar berdasarkan interaksi motivasi dan benefit service terhadap usership yang diukur dengan usage dan rekomendasi anggota komunitas dalam penggunaan kartu prabayar serta meningkatkan lama berlangganan (length of stay).Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mendapatkan data primer dari anggota komunitaspelanggan kartu prabayar. Tentunya diharapkan bahwa operator memahami peran pentingdari komunitas pelanggan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan komunitas tersebutmenjadi motor peningkatan pendapatan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jimb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

In order to make Indonesia the center of the worlds Islamic economy, tourism is one of the potential sektors to be developed. The Ministry of Tourism and Creative Economy visited Indonesia as many as 6 million visitors until 2024. Kota Tua area is one of the priority tours that will be made ...