SUBULANA
Vol. 1 No. 1 (2017): Subulana September 2017

P Penggunaan Metode Grup Investigasi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA As-Sobrowiyah Blega Bangkalan

Lukman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2017

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil pembelajaran analisis pada pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MA Assobrowiyah Blega Bangkalan. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasif. Data penelitian diambil dari 20 siswa MA Assobrowiyah Blega Bangkalan.Hasil penelitaian dapat meningkatkan proses: (1) menginvestigasi berita dengan mengumpulkan data dari sumber, (2) menyiapkan laporan dan bagaimana mempresentasikannya, (3) mempresentasikan laporan akhir kelas dengan berbagai macam format sesuai keinginan siswa, dan (4) mengevaluasi hasil, di mana para siswa saling memberikan umpan balik mengenai tugas dan efektifitas pembelajaran.Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran, yaitu: (1) pada indicator 1 hanya 20% pada prasiklus menjadi 57,5% pada siklus I dan 72,5% pada siklus II, (2) pada indicator 2 dari prasiklus 15% ke siklus I menjadi 45 % dan pad siklus II menjadi 70%, (3) pada indicator 3 pada prasiklus hanya10%, naik menjadi 45% dan pada siklus II menjadi 77,5%, dan (4) pada indicator 4 pada prasiklus hanya 10% menjadi 46,25% pada siklus I dan 72,5% pada siklus II.Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode group investigasi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran analasis pada pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MA Assobrowiyah Blega Bangkalan tahun pelajaran 2015/2016. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar setelah siswa diberikan panduan materi dalam menganalisis. Pengaturan regulasi diskusi sangat diperlukan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan lebih luas atau terpusat pada siswa memberikan peluang lebih kepada siswa untuk mengaktualisasikan diri menjadi lebih baik. Kemampuan dalam bekerjasama dalam sebuah kelompok serta berkerjasama dengan kelompok lain memberikan dampak perubahan terhadap pola belajar. Belajar dalam sebuah kelompok dapat membangkitkan rasa percaya diri personal dan kemampuan melakukan kegiatan belajar yang efisien.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...