SUBULANA
Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019

Pengembangan Pedoman Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K-13 Pelajaran Bahasa Arab untuk SMA

dra Rusdiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku petunjuk teknis penyusunan RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA dan pedoman penilaian autentik pada proses pembelajaran yang teruji secara empirik. Ahli kurikulum menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA, adalah: baik. Ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: sangat baik. Ahli isi pembelajaran menyatakan bahwa: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: sangat baik. Kepala sekolah SMA menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: baik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan jenis prosedural. Sedangkan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan delapan langkah, yaitu: (1) melihat potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, dan (8) validasi pengguna. Tanggapan pengguna produk menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata dari hasil isi angket yang dilakukan oleh pengguna setelah menggunakan produk hasil pengembangan adalah 42 (Baik) pada rentang angka 0-50. Artinya rata-rata pengguna mengganggap bahwa produk hasil pengembangan sudah baik dan dapat digunakan, (2) pada penjaringan data dalam penelitian ini, angka yang sering muncul pada jawaban responden (user) adalah 41,5. Pada rentang skala likert angka 41,5 memiliki nilai Baik. Artinya, secara umum responden (user) menganggap bahwa produk hasil pengembangan sudah baik dan dapat digunakan, dan (3) hasil hitung median menunjukkan angka 21,5. Artinya berada pada interval 20-29. Dengan demikian hasil hitung median menunjukkan bahwa data berdristribusi normal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...