Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Matematika di MTs Babussalam

Asep Sugiandi (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Ana Setiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2018

Abstract

Munculnya ide penelitian ini karena adanya kesulitan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dan bertujuan untuk mengetahui kesulitan apasajakah yang dihadapi guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana hasil yang didapatkan berupa kata-kata tertulis dan data yang diamati dari lapangan. Subjek yang diamati adalah guru matematika di sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan angket. Dari hasil penelitian yang diperoleh melalui wawncara menunjukan bahwa ditemukan adanya kesulitan guru yang dihadapi adalah (1) guru masih kurang kreaktif dalam pelaksaan proses pembelajaran dan guru masih mendominasi di kelas. (2) siswa kurang berpera naktif sehingga guru kesulitan dalam mengaktifkan suasana di kelas. Dari hasil penelitian melalui angket yang diberikan kepada guru, guru mengalami kesulitan dalam hal penilaian. Dimana memiliki persentase sulit yang paling tinggi dalam penilaian 40%, dalam perencanaan memiliki persentase 33% dan dalam tahap pelaksanaan memiliki persentase 20%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa kurikulum 2013 sudah di implementasikan dengan baik namun guru masih mengalami kesulitan dalam prosespelaksanaan pembelajaran dan penilaian

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...