Motiva: Jurnal Psikologi
Vol 2, No 1 (2019): Mei

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SEKOLAH PAUD

Lia Rosliana (Puslatbang KDOD Lembaga Administrasi Negara)
Rina Hizriyani (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2019

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Hambatan yang ada bisa terkait dengan masalah keluarga, fisik, psikis, lingkungan dan lain-lain. Dengan kata lain pendidikan inklusi adalah pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.Dengan demikian pendidikan anak usia dini mempunyai peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini, mengingat pada usia tersebut merupakan usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya (golden age). Selanjutnya untuk menentukan kualitas manusia, yang perlu dibina sejak dini adalah kesehatan, nutrisi dan stimulasi psikososial.Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan pertama, terdapat payung hukum dalam pelaksanaan sisitem pendidikan inklusif di sekolah PAUD, kedua peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang, ketiga peningkatan SDM guru-guru serta penambahan pengembangan kompetensi guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MV

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat tulisan-tulisan berupa hasil penelitian Psikologi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Konsumen, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi ...