Sosfilkom : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi
Vol 14 No 02 (2020): Volume 14 No 02 Juli-Desember 2020

PENGELOLAAN INFORMASI PROGRAM DISKON PRODUK ALFAMART GEGESIK CIREBON DI MASA PANDEMI

Eka Wildanu (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Adi Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Salah satu program yang sudah banyak dikenal publik adalah program diskon produk dari Alfamart yang manfaatnya sudah dirasakan masyarakat dalam mendapatkan produk konsumsi harian yang hemat. Melalui program diskon produk ini, konsumen akan mendapatkan potongan harga untuk produk tertentu di jangka waktu yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yaitu metode yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sebelum kru toko (kasir) menyampaikan informasi tentang program maupun produk kepada pelanggan, kepala toko (chief of store) terlebih dahulu melakukan briefing dengan para kru mengenai program-program apa saja yang harus segera diinformasikan kepada pelanggan. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses persepsi merupakan pedoman penting strategi pemasaran, yaitu pemahaman tentang strategi eceran, pengembangan merek dan logo, strategi media, evaluasi, dan masalah etika. One of the programs that have been widely known to the public is the product discount program from Alfamart, which benefits the public in getting efficient daily consumption products. Through this product discount program, consumers will get a discount for certain products in a predetermined period of time. This study uses a qualitative methodology, namely a method that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behavior. The result of this research is that before the shop crew (cashier) delivers information about programs and products to customers, the chief of store first briefs the crew about what programs must be informed to customers immediately. The conclusion of this research is that the perception process is an important guideline for marketing strategy, namely an understanding of retail strategy, brand and logo development, media strategy, evaluation, and ethical issues.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SFK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Sosfilkom: Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi has been enlisted with ISSN online 2686-0368 and ISSN Printed 2085-0182 and published per semester on January-June and July-December by Faculty of Social Scince and Political Science of UniversitasMuhammadiyah Cirebon. Jurnal Sosfilkom: Jurnal ...