CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 5 No 2 (2020): CIVICS

Penerapan model problem based learning (PBL) untuk menumbuhkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn

YayintaMaharani Puspita Putri (PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Yogi Nugraha (PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Tridays Repelita (PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk menumbuhkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi 4 SMKN 2 Karawang. Penelitian ini mengkaji apakah model PBL dapat menumbuhkan kreativitas belajar dalam pelajaran PPKn. Pendekatan menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument wawancara secara daring menggunaka google from. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PPKn di kelas X Akuntansi 4, 1 orang guru PPKn kelas XI, 4 siswa kelas X Akuntansi 4 di SMKN 2 Karawang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi 4. Model PBL ini menjadikan siswa lebih kreatif, aktif, dan berani menyampaikan gagasannya dalam berdiskusi kelompok belajar dimana siswa mempersentasikan hasil diskusi menggunakan slide power point yang kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CIVICS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal CIVICS: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah jurnal yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah yang berdasarkan penelitian. Topik yang kami terima adalah artikel yang berkaitan dengan ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Adapun ruang lingkup publikasi dalam ...