Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 1 No. 1 (2019): Journal On Teacher Education

Efektivitas Penggunaan Jari Tangan dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 1 Padang

Finy Putri Utami (Universitas Negeri Padang)
Indra Yeni (Universitas Negeri Padang)
Rakimahwati Rakimahwati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan jari tangan dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan jari tangan. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata nilai yang diperoleh dari kelas eksperimen yang menggunakan jari tangan lebih tinggi (83,33) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (73,77). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan jari tangan sangat efektif dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...