Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 1 No. 1 (2019): Journal On Teacher Education

Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar

Azmi Yontri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 63 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.mPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian RPP pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 77,7 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 86 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 94 %. Penilaian aspek guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 70,8 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkan menjadi 87,5 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 96 %. Penilaian aspek siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 70,8 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkan menjadi 87,5 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 96 %. Penilaian terhadap proses dan hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata nilai 68,27, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 76,03, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 80,14. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...