Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN BOWLING ARITMATIKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A TK AN- NUR UJUNG PADANG KAMPAR UTARA

Putri Rahayu (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Yusnira Yusnira (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Melvi Lesmana Alim (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif di TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4–5 tahun TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki–laki dan 7 orang anak perempuan. Secara umum perkembangan kognitif belum berkembang. Sesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yang artinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudah berkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %. Sedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dan II sebesar 48,8% dan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 97,8%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...