Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
Vol. 1 No. 1 (2018): September

Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi

Fanni Zulaiha (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis siswa setelah mendapatkan pembelajaran fisika menggunakan worksheet dan problemsheets berorientasi keterampilan berpikir kritis menggunakan multimodus representasi pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa SMA/MA kelas X. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan hasil bahwa Worksheet dan problemsheet yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori peningkatan sedang. Sebanyak 22 % dengan kategori peningkatan rendah, 75 % siswa dengan peningkatan sedang, dan 3 % siswa dengan kategori peningkatan tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpfs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and ...