cover
Contact Name
Fanni Zulaiha
Contact Email
fanni.zulaiha@gmail.com
Phone
+6285295611291
Journal Mail Official
fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id
Editorial Address
Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
ISSN : 26227789     EISSN : 2622822X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with LIPI with [p-ISSN 2622-7789 | e-ISSN 2622-822X]. JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education & environmental science. This journal is published twice a year in March and September while the first issue is in September 2018.
Articles 56 Documents
Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa Damar Septian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 1 No. 1 (2018): September
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.404 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v1i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle antara siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan rendah, antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan kinestetik, serta interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VIII SMP 7 Cirebon tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes tertulis untuk prestasi belajar kognitif dan pemahaman awal siswa serta metode angket untuk gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (2) ada pengaruh pengetahuan awal terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (3) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (4) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (5) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (6) tidak ada interaksi antara pengetahuan awal siswa dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (7) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA.
Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X Dewi Kusuma
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 1 No. 1 (2018): September
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.485 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v1i1.59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks fisika SMA kelas X pada materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian menggunakan analisis isi dengan menelaah buku pelajaran fisika SMK kelas X. Objek yang dipilih yang dipilih dalam penelitian ini adalah buku teks fisika untuk SMK kelas X karangan Endarko dkk. penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa hasil analisis tingkat keterbacaan buku ajar fisika untuk SMK kelas X pada materi suhu dan kalor karangan Endarko dkk dari beberapa indikator sudah memenuhi syarat.
PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON Estu Widianingsih; Mohamad Rendi Astono Sentosa; Faizah
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 1 No. 1 (2018): September
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.123 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v1i1.60

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) mengetahui analisis prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) mengetahui pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Karangwareng kabupaten Cirebon tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian berjumlah satu kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Data empiris didapatkan melalui studi di lapangan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : 1) uji instrumen antara lain: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, 2) uji prasyarat antara lain : normalitas, homogenitas, dan 3) uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) analisis prestasi belajar siswa sesudah mengikuti pembelajaran fisika lebih besar dibandingkan sebelum mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai t-hitung= 16,297 dan nilai t-tabel= 1,68 (t-hitung>t-tabel) artinya metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning berpengaruh terhadap pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan mata pelajaran fisika kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng
Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi Fanni Zulaiha
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 1 No. 1 (2018): September
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.393 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v1i1.61

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis siswa setelah mendapatkan pembelajaran fisika menggunakan worksheet dan problemsheets berorientasi keterampilan berpikir kritis menggunakan multimodus representasi pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa SMA/MA kelas X. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan hasil bahwa Worksheet dan problemsheet yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori peningkatan sedang. Sebanyak 22 % dengan kategori peningkatan rendah, 75 % siswa dengan peningkatan sedang, dan 3 % siswa dengan kategori peningkatan tinggi.
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon Muchammad Irfan Kusumah; Sutisna; Damar Septian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 1 No. 1 (2018): September
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.63 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v1i1.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) dalam meningkatkan hasil belajar (kognitif) dan sikap siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan vektor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 semester 1 yang berjumlah 121 siswa, terdiri dari terdiri 42 siswa laki-laki dan 79 siswa perempuan yang terbagi menjadi 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes yakni posttest dan lembar observasi yakni lembar observasi afektif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan program IBM SPSS Versi 21. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,451 lebih besar dari ttabel = 1,670 dengan dk = 59 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Data afektif dikategorikan menurut kriteria penilaian dari permendikbud no 81a tahun 2013. Dari hasil pengkategorian didapatkan bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa metode tutor sebaya berpengaruh positif terhadap sikap siswa.
Pengembangan PDEODODE-Ws yang Berorientasi Mengubah Konsepsi Siswa pada Sistem Hidrolik Dewi Yulianawati; Lilik Hasanah; Achmad Samsudin
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.557 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.63

Abstract

Pembelajaran fisika harus memfasilitasi siswa untuk berperan secara aktif dan interaktif agar terciptanya suasana untuk mengubah konsepsi siswa, salah satunya dengan menggunakan lembar kerja siswa (worksheet) yang berbasis PDEODODE. Pendekatan faktual dan konseptual menjadi dasar dalam pengembangannya. PDEODODE merupakan modifikasi strategi pembelajaran yang tahapannya meliputi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Observe, Discuss dan Explain. Tujuan pengembangan PDEODODE-Ws adalah memfasilitasi siswa untuk mengubah konsepsi mengenai konsep dalam sistem hidrolik. PDEODODE-Ws dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: Analyzing, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan kepada 32 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa PDEODODE-Ws dapat memfasilitasi siwa untuk memahami konsep fisika secara komprehensif dan memiliki potensi untuk mengungkap konsepsi siswa selama proses pembelajaran.
Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Damar Septian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.039 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.64

Abstract

Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura Madroji; Fanni Zulaiha; Faizah
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.909 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.65

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan dan pengaruh modul fisika berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa SMA kelas XI. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh: 1) modul yang dikembangkan layak berdasarkan 5 validator (ahli materi, bahasa, media, praktisi, dan teman sejawat) dengan kategori “sangat baik”, respon siswa (dari aspek daya tarik modul, tingkat pemahaman penggunaan modul, penggunaan Problem Based Learning, dan tingkat pemahaman penggunaan kemampuan berfikir kritis) dikategorikan “sangat baik”; 2) adanya pengaruh modul pembelajaran fisika pada kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Astanajapura.
Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya Rustaman; Sutisna; Mohamad Rendi Astono Sentosa
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.434 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping; 2) nilai kognitif siswa kelas X MA Pringgabaya pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan; dan 3) efektivitas belajar jika menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Pringgabaya yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu meneliti semua populasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes (pretes dan postes) dan lembar angket. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis paired-sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar yaitu: 60,9% siswa menyetujui bahwa penggunaan metode mind mapping efektif dalam pembelajaran GLBB, 85,4% siswa menyatakan bahwa mencatat dengan metode mind mapping dapat menemukan informasi lebih cepat, seluruh siswa kelas X MA Pringgabaya menyatakan kesulitan dalam menyimbolkan suatu bahasan untuk digambarkan dalam mind mapping, 60,9% siswa akan menggunakan mind mapping untuk metode belajar selanjutnya, 39% siswa menyatakan bahwa penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar membuat mereka lebih cepat lelah; 2) Nilai kognitif rata-rata kelas pada saat pretes adalah 30,98 sedangkan nilai rata-rata kelas saat postes adalah 72,80; 3) terdapat efektivitas metode pembelajaran mind mapping terhadap nilai kognitif siswa pada bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) siswa kelas X MA Pringgabaya.
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan Sa’diah; Damar Septian; Gita Erlangga Kurniawan
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.156 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan modul berbasis model problem solving terhadap high order thinking skill pada siswa kelas XI IPA, (2) kelayakan produk berupa modul dalam meningkatkan high order thinking skill. Penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development (R&D) yang mengacu pada model Four-D (4D). Data angket dianalisis secara deskriptif dengan persentase sedangkan data hasil high order thinking sklill dianalisis dengan uji wilcoxon menggunakan software IBM SPSS Statics 19. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran fisika berbasis Problem Solving layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai persentase 79,9%, (2) adanya pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis problem solving terhadap High Order Thinking Skill kelas XI IPA 3 MAN 2 Kuningan semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon memperoleh nilai sig 0,000 berada pada taraf signifikansi kurang dari 0,005 menunjukan ada perbedaan pada nilai posttest dan pretest dengan nilai posttest lebih besar dari nilai pretest.