ABSIS : Mathematics Education Journal
Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Sili Wijak Styawan (Unknown)
Dewi Susilowati (Unknown)
Andhika Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo semester genap dengan jumlah 93 siswa. Dari teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis uji t,dari hasil penelitian diperoleh         = 3,0409 >        = 2,0170 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka ada perbedaan rata-rata nilai akhir kelompok eksperimen dengan kontrol. Maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

absis

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ABSIS adalah jurnal pendidikan matematika berskala nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. ABSIS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. ABSIS mewadahi hasil riset maupun kajian ilmiah di bidang ...