cover
Contact Name
Andhika Ayu Wulandari
Contact Email
dhikamath.univet@gmail.com
Phone
+6285647387497
Journal Mail Official
absis.univetbantara@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Jl. Letjend S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
ABSIS : Mathematics Education Journal
ISSN : 26860104     EISSN : 26860090     DOI : http://dx.doi.org/10.32585/absis.v1i2.433
Core Subject : Education,
ABSIS adalah jurnal pendidikan matematika berskala nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. ABSIS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. ABSIS mewadahi hasil riset maupun kajian ilmiah di bidang pendidikan matematika dari para peneliti, akademisi, praktisi, pelajar dan pemerhati pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan ke jurnal atau konferensi lainnya. Focus dan scope dari ABSIS (Mathematics Education Journal meliputi Realistic) Mathematics, Ethnomathematics, Lesson Study, Design/Development Research in Mathematics Education.
Articles 54 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Sili Wijak Styawan; Dewi Susilowati; Andhika Ayu Wulandari
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo semester genap dengan jumlah 93 siswa. Dari teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis uji t,dari hasil penelitian diperoleh         = 3,0409 >        = 2,0170 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka ada perbedaan rata-rata nilai akhir kelompok eksperimen dengan kontrol. Maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.
PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Rahman Haryadi; Novi Andriati
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i2.431

Abstract

Faktor lain yang menyebabkan nilai anak menjadi rendah adalah kemajuan teknologi. Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi di era digital seperti saat ini, orang tua diharapkan lebih selektif dalam memperhatikan anak dalam penggunaan alat teknologi seperti gadget dan sejenisnya, penggunaan gadget berupa smartphone berbasis android bisa dioptimalkan sebagai media serta sumber belajar bagi siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan game berbasis android serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada siswa yang berkemampuan akademis rendah, serta peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan game berbasis android.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Model yang akan digunakan adalah Hannafin dan Peck, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi media menurut ahli media dan materi serta angket minat belajar siswa sebelum dan setelah digunakan media games tik tak boom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) media games tik tak boom berkategori layak untuk digunakan sebagai media belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat; b) minat belajar siswa belajar matematika terjadi peningkatan sebesar 92% setelah menggunakan media games tik tak boom.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGANOM Rahayu Fitriyani
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara (1) minat belajar dengan prestasi belajar matematika, (2) intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika dan (3) minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom sejumlah 224 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas dan keberartian regresi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,640, dengan persamaan garis regresi sederhana                    (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,544, dengan persamaan garis regresi sederhana                   (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar          = 0,669, dengan persamaan garis regresi ganda                           .
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POCKETBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Utin Desy Susiaty; Iwit Prihatin
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i2.433

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diimplementasikan pembelajaran menggunakan media pocketbook  berbasis discovery learning; (2) tingkat kefektifan media pocketbook berbasis discovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental designs dengan rancangan one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Kabupaten Kubu Raya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk data kemampuan pemahaman matematis siswa dan tingkat keefektifan media pocket book. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diimplementasikan pembelajaran menggunakan media pocketbook  berbasis discovery learning tuntas secara klasikal; (2) Pengembangan media pocket book berbasis discovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Hidayatul Musinin Kabupaten Kubu Raya mencapai tingkat keefektifan dengan kriteria sangat efektif.
PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA Indah Eka Afifah; Dewi Susilowati; Annisa Prima Exacta
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.310

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, pembelajaran dengan model pembelajaran GI atau dengan model pembelajaran konvensional, (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang atau rendah, dan (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini  menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan ANAVA dua jalan sel tak sama, menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran GI dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar (Fa = 11, 7464 > 4,001 = F0,05;1;60). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada materi bangun ruang sisi datar (Fb = 39,4458 > 3,150 = F0,05;2;60). (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar (Fab = 0,4116 < 3,150 = F0,05;2;60).
IMPLEMENTASI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Titut Wulandari
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i2.570

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tahapan implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. (2) mengetahui tingkat respon siswa terhadap implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam. Data pertama adalah data skor angket yang diperoleh dari angket respon siswa. Data kedua adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mengarah pada strategi Active Knowledge Sharing. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, dan metode angket. Langkah pembelajaran SPLTV dengan Strategi Active Knowledge Sharing sebagai berikut. (1) guru menyiapkan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan. (2) guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang. (3) guru membagikan pertanyaan yang ditujukan kepada masing-masing kelompok. (4) guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan.  (5) guru meminta salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk menyebar di dalam ruangan, mencari siswa dari kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang mereka tidak bisa menjawabnya. Pada kegiatan ini guru mendorong siswa untuk membagi pengetahuan mereka secara aktif. (6) guru meminta siswa untuk kembali ke tempat kelompoknya semula. (7) guru bersama-sama siswa membahas jawaban yang telah mereka dapatkan. (8) guru bersama siswa menyimpulkan materi. (9) guru memberikan evaluasi. Pelaksanan pembelajaran dengan Kombinatorik memiliki tingkat keberhasilan baik, artinya siswa merasa terbantu dan tertarik pada pembelajaran SPLTV dengan metode Active Knowledge Sharing.
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANOM Eka Kurniasari
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Dari Populasi 272 siswa, diambil sampel sebanyak 34 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Uj prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, linieritas dan keberartian regresi. Setelah data penelitian diolah disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dengan hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh harga  dan    ; 2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana diperoleh harga  dan  ; 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana harga R=0,540 dan                                         .
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRUCUK Linda Kurnia Saputri; Joko Sungkono
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.311

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan metode pembelajaran mind map pada siswa, (2) meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode pembelajaran mind map. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Trucuk Kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis berupa data hasil observasi keaktifan dan data tes hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa yang meningkat adalah peningkatan siswa memperhatikan penjelasan dari guru, peningkatan siswa aktif mencatat poin-poin penting penjelasan guru, peningkatan siswa membuat pokok bahasan bangun datar segitiga pada tengah kertas, peningkatan menyusun cabang- cabang pendukung dari pokok bahasan, dapat membuat hubungan antara pokok bahasan dengan cabang pendukung dengan menggunakan simbol, membuat kata kunci pada setiap simbol, dan menggunakan bolpoin warna-warni untuk mensimbolisasi sesuatu, (2) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari tes pada setiap akhir siklus. Pada siklus I dan II selalu mengalami kenaikan dengan skor terendah 62 (siklus I), menjadi 67 (siklus II). Pada siklus I dan II skor tertinggi 100. Rata-rata kelas dari 75,73 (siklus I) menjadi 83,33 (siklus II). Persentase ketuntasan 66,67% (siklus I) menjadi 83,33% (siklus II).
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR Diyan Pratama; Herry Agus Susanto; Annisa Prima Exacta
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i2.571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ Tamansiswa Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Lesson Study (LS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan pembelajaran ada dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam hasil tes dan angket menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan membandingkan nilai antar siklus maupun dengan indikator kinerja. Pada pra tindakan persentase ketuntasan kelas sebesar 29,41% dan rata-rata persentase minat belajar siswa yaitu 67%. Sedangkan pada tahap siklus I persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 62,5% dan rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 71%. Siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 75% dan rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 76% .Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Lesson Study (LS) dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2019/2020.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ADVISOR GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 POLANHARJ Septiyana Rosita Dewi; Joko Sungkono
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.307

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran advisor group, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran advisor group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Polanharjo tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setelah pelaksanaan tindakan kelas peneliti memperoleh data aktivitas belajar melalui observasi dan data hasil belajar melalui teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata persentase aktivitas pada siklus I sebesar 63,69% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Selain aktivitas belajar siswa yang meningkat, melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Diperoleh data hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 33,33% meningkat pada siklus I sebesar 66,67%, meningkat lagi menjadi 83,33% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polanharjo tahun pelajaran 2017/2018.