ABSIS : Mathematics Education Journal
Vol 1, No 2 (2019): November 2019

IMPLEMENTASI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Titut Wulandari (SMA Negeri 1 Magetan)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tahapan implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. (2) mengetahui tingkat respon siswa terhadap implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam. Data pertama adalah data skor angket yang diperoleh dari angket respon siswa. Data kedua adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mengarah pada strategi Active Knowledge Sharing. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, dan metode angket. Langkah pembelajaran SPLTV dengan Strategi Active Knowledge Sharing sebagai berikut. (1) guru menyiapkan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan. (2) guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang. (3) guru membagikan pertanyaan yang ditujukan kepada masing-masing kelompok. (4) guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan.  (5) guru meminta salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk menyebar di dalam ruangan, mencari siswa dari kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang mereka tidak bisa menjawabnya. Pada kegiatan ini guru mendorong siswa untuk membagi pengetahuan mereka secara aktif. (6) guru meminta siswa untuk kembali ke tempat kelompoknya semula. (7) guru bersama-sama siswa membahas jawaban yang telah mereka dapatkan. (8) guru bersama siswa menyimpulkan materi. (9) guru memberikan evaluasi. Pelaksanan pembelajaran dengan Kombinatorik memiliki tingkat keberhasilan baik, artinya siswa merasa terbantu dan tertarik pada pembelajaran SPLTV dengan metode Active Knowledge Sharing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

absis

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ABSIS adalah jurnal pendidikan matematika berskala nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. ABSIS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. ABSIS mewadahi hasil riset maupun kajian ilmiah di bidang ...