Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Metode Flash Card Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Muldaniah Muldaniah (Unknown)
Evy Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya permasalahan kemampuan membaca awal anak usia dini yang masih diberikan pembelajaran membaca yang kurang tepat. Permasalahan tersebut dapat terjawab dengan menerapkan metode flash card sehingga diharapkan dapat mempermudah kegiatan membaca awal dan dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini. Manfaat penelitian ini memberikan kontribusi yang lebih baik bagi anak dan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca awal, memberi warna baru dalam proses pembelajaran, mengembangkan penggunaan metode atau pendekatan lain guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran di kelompok B 1 Kelompok Bermain Bintang Kecil Cimone Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan 27,3% pada siklus I yaitu belum berkembang (BB), 81,82% pada siklus II yaitu berkembang sangat baik (BSB), 100% pada siklus III berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan dan saran direkomendasikannya penerapan metode flash card dalam kegiatan membaca awal dan pengembangan berbagai metode pembelajaran membaca awal sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca awal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...