Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Selama Masa Covid-19 di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang

Iman Nurjaman (Unknown)
Destya Alya Monica (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jumlah seluruh populasi adalah 30 orang tua dan 30 guru di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan NonProbability Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket. Instrument pengumpulan data untuk hubungan pola asuh orang tua (X) dan kemampuan berhitung (Y) menggunakan angket skala likert dengan 4 pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang diawali dengan uji normalitas dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan hubungan pola asuh orang tua (X) dan kemampuan berhitung (Y) Hal ini terbukti dengan dilakukannya uji regresi linier sederhana  yang menghasilkan Fhit untuk uji signifikansi sebesar 2677,26 dan Ftab sebesar 4,20 dengan ketentuan Fhit > Ftab berarti terdapat hubungan yang signifikan.  Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berhitung anak usia dini selama masa covid-19 di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...