Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun adalah anak dapat interaksi dengan teman sebaya, dapat berinteraksi dengan orang dewasa, dapatĀ memecahkan konflik, lebih percaya diri, punya banyak teman, dapat interaksi dan saling membantu, dapat berbagi, anak dapat pola bergiliran, dapat menggunakan dan menjaga benda-benda dan lingkugan secara tepat, dapat perduli terhadap orang lain seperti memahami dan menerima pebedaan individu, dapat memahami masalah multibudaya. Pada dua subjek penelitian didapat ada perbedaan antara MSN dan MAD pada kemampuan sosialĀ anak usia 5-6 tahun, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mngacu kepada hasil observasi dan wawancara. Pada penelitian ini ditemukan dua sumber data yaitu MSN dan MAD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan wawancara dan catatan observasi. Penelitian ini juga didukung oleh dokumentasi yang memadai. Hasil data disajikan secara narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Berdasaran hasil temuan peneliti yang didapatkan, maka penelitian ini layak digunakan oleh masyarakat luas dan dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih lanjut.
Copyrights © 2020