Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains

Suhayah Suhayah (Unknown)
Titi Rachmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan Kelas A di PAUD Permata Hati Kecamatan Pinang. Subyek penelitian 13 anak didik terdiri laki-laki 6 anak dan perempuan 7 anak. Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Data penelitian ini adalah data kemampuan mengenal warna didik, instrument pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada pra siklus : kemampuan mengenal warna anak didik kategori berkembang sesuai harapan 2 anak didik, dikategori mulai berkembang 6 anak didik, dan 5 anak didik kategori belum berkembang. Siklus I kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sesuai harapan 7 anak didik, dikategori mulai berkembang 4 anak didik, dan 2 anak didik kategori belum berkembang. Siklus II kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sangat baik 7 anak didik, dikategori berkembang sesuai harapan 5 anak didik, dan 1 anak didik kategori mulai berkembang. Siklus III kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sangat baik 11 anak didik, dikategori berkembang sesuai harapan 1 anak didik, dan 1 anak didik kategori mulai berkembang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...