Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2019): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Proyek Usia 5-6 Tahun Di Tk.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang

Sopiah Sopiah (Unknown)
Evy Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Kemampuan sosial emosional anak di TK. Nurussyakirin  masih tergolong rendah, ada 9 anak yang masih rendah kemampuan sosial emosionalnya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang nya bekerjasama dengan teman sebaya, belum mampu sabar menunggu giliran, kurang mematuhi peraturan, dan belum mampu mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sosial Emosional anak melalui metode proyek di Tk.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak pada pembahasan siklus 1, siklus II dan siklus III, anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I 8% sedangkan pada siklus II  meningkat sebesar 50% dan  pada siklus III meningkat sebesar 100 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B di TK.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...