Penanaman karakter seperti kedisiplinan diusia prasekolah sangat penting untuk dilakukan. Penanaman karakter disiplin dilakukan melalui pembiasaan sitiap hari selama proses belajar meengajar mencakup ketrampilan hidup, sosial, control diri, patuh pada peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk menamkan karakter disiplin pada anak usia dini kususnya anak usia 5-6 tahun melalui penerapan reinforcement selama belajar mengajar di TK Islam Kinasih. Data yang terkumpul melalui metode oservasi, wawancara, dokumentasi dan analisis diskriminatif kualitatif. Hasil dari penelitian bahwa di TK Islam Kinasih telah menerapakan reinforcement dengan adil dan seimbang, telah menggunakan ketrampilan reinforcement dengan bervariasi, menggunakan prinsip-prinsip reinforcement kesabaran, bermakna kehangatan, waktu pemberian reinforcement dengan fleksibel dan menggunakan teknik reinforcement positif, modelling dan token conemy. Hasil analisis data penelitian adalah penerapan reinforcement dapat diterapkan oleh berbagai pihak untuk diterapkan di sokalah oleh guru maupun orang tua di rumah. Jenis kedisiplinan yang diterapkan yaitu di siplin demokratis dan memotivasi anak melalui penerapan reinforcement.
Copyrights © 2020