Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Bermain CD Interaktif Edukatif ‘Ayo Belajar’ Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mentari Cipondoh Tangerang

Faisal Ibrahim (Unknown)
Umu Atiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diberi metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional di TK Mentari Cipondoh Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen.Sampel yang diambil untuk mewakili populasi adalah menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas B TK Mentari sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, pretest dan posttest. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji Chi Kuadrat dan Uji Fisher, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari perhitungan uji statistik diperoleh thitung > ttabel (2,834 > 2,306), maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan ɑ=0,05 dengan derajat kebbasan (db)=8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diberikan metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa kelas B yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif lebih baik dari siswa kelas B yang belajar tanpa menggunakan media CD interaktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...