Penelitian ini dilatarbelakangi dengan makin maraknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu, melalui pendidikan antikorupsi yang dilakukan sejak dini diharapkan dapat mencegah terjadinya korupsi dikemudian hari. Dongeng merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mengembangkan pendidikan antikorupsi disekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dongeng dalam mengembangkan karakter antikorupsi dalam diri peserta didik. Metode penelitian ini dilakukan melalui eksperimen dengan poststest-only control design. Analisis data menggunakan uji t yang dilakukan dengan berbantuan SPSS. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan taraf signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu dapat disimpulkkan bahwa dongeng terbukti efektif dalam mengembangkan karakter antikorupsi pada diri peserta didik. Saran-saran yang dapat diberikan yaitu, dongeng yang disajikan perlu dibaca berulangkali agar dapat dipahami peserta didik serta diperlukannya peran orangtua dan guru untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik dalam kegiatan membaca dongeng.
Copyrights © 2020