cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi_guru@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldwijacendekia@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Kampus PGSD Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang No. 67A Kebumen Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
ISSN : 25811843     EISSN : 25811835     DOI : -
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu sosial dan humaniora, dan pendidikan matematika dan ilmu alam. Pengajuan artikel, serta proses peninjauan, tidak dikenakan biaya (gratis). Jurnal ini juga telah menjadi anggota CrossRef. Oleh karena itu, Semua artikel yang diterbitkan oleh jurnal ini akan memiliki nomor DOI.
Articles 328 Documents
Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang Mia Zultrianti Sari; Agus Gunawan; Yani Fitriyani; Nurul Hilaliyah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.095 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.42137

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 1 ciporang, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 197 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di SDN 1 Ciporang Kabupaten Kuningan. Hasil pengolahan data bahwa minat baca siswa menurut persepsi responden mencapai 43,66% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 62,95% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analsis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,734) > sig (0,000) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji adalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca memiliki kesinambungan dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa bahasa Indonesia siswa kelas tinggi  SDN 1 Ciporang.
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA Euis Dartini
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.764 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13058

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah. Terlihat dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, hanya 21% siswa yang mencapai batas minimal kecapaian kompetensi. Tingkat kejenuhan siswa terhadap pelajaran IPS sangatlah tinggi. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode karyawisata ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran karyawisata. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non test. Dimana dilakukan observasi dan dokumentasi.hasil penelitian menunjukan perubahan hasil belajar yang significant sebelum dan setelah pembelajaran. Dimana pada siklus pertama menunjukan 57% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dan pada siklus kedua menunjukan 82% siswa telah menyelesaikan batas KKM
PENGUASAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK Ronald Fransyaigu; Bunga Mulyahati
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 2, No 1 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.228 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v2i1.16482

Abstract

Pendekatan saintifik/ilmiah merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berpikir ilmiah. Pendekatan ilmiah dapat dijadikan sebagai jembatan untuk perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Para ahli yang meyakini bahwa melalui pendekatan saintifik/ilmiah, selain dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong peserta didik untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu fenomena atau kejadian. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan secara lebih jelas  dan mengetahui secara lebih mendalam mengenai  profil kemampuan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, sehingga dapat dijadikan acuan untuk melakukan pembinaan guru sekolah dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mendapatkan data dari Sekolah Dasar se-Kota Langsa yang alamiah (bukan buatan) tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan pengumpulan data dengan cara mengedarkan kuesioner dan wawancara terstruktur. Penerapan metode statistik untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data serta tenik menganalisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif dengan tidak bermaksud membuat generalisasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru-guru di dua SD ini sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pendekatan saintifik. Pada proses pembelajaran langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, sampai mengkomunikasikan sudah muncul dalam proses pembelajaran meskipun tidak secara berurutan.
GROWING DEVELOPING CIVICS LITERACY THROUGH SAINTIFIC LEARNING APPROACH MODEL USING LEARNING MEDIA COMPUTER PRO SHOW GOLD APPLICATION Fatahillah Fatahillah; Mulat Sudrajat; Ari Rohmawati
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 2, No 2 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.033 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v2i2.26282

Abstract

Developing Civic Literacy for a citizen of a young country is a pedagogical mission that must be borne by every educator directed by the 2013 Curriculum through the use of Scientific approaches in various learning activities that require learning media that can arouse students' rational and intellectual thinking ability, namely Audio Visual Media namely a media based on multimedia with computer hardware and run based on software programs namely; Pro Gold Show. Researchers intend to carry out an Action Research (Action Research) which aims to examine the Impact of the Use of Scientific Learning-Based Models Using Computer Application Media Pro Gold Show Research will be carried out through three cycles namely planning, acting, observing and Reflection and analyzed by SWOT (Strenghts Weakness Opportunities Threats). This study was conducted to develop a hypothetical model using a qualitative approach, while the results of the study showed that the Action Model had the power: Can provide a more effective and simple transformation of knowledge through a series of stages of Action, Weaknesses: Learning using an old style that is Cross Curricular will hinder innovation and improvisation: Opportunities: Still open Innovation and Improvisation in its development; Threat: Creativity that is not formed due to the lack of ability of the Teacher will result in actions in learning to be in vain.
Prinsip Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Multikultural Dalam Penguatan Karakter Nasionalis Peserta Didik SMK Kelas X Riyadi Widhiyanto; Muhammad Badrus Siroj
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.07 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i1.35067

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi menganalisis kebutuhan dan merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dalam penguatan karakter nasionalis bagi peserta didik SMK kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil, yaitu: (1) analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dan (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural yang terdiri atas empat aspek, yaitu aspek materi atau isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan dan keterbacaan, dan aspek grafika.
Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Aprilia Eki Saputri; Nana Djumhana
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.046 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i1.36019

Abstract

Seorang guru yang melakukan pembelajaran IPA wajib memiliki keterampilan proses sains dan sikap ilmiah agar dapat mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran IPA dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa PGSD sebagai seorang calon guru dalam mengikuti pembelajaran IPA. Data-data  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang datanya diambil melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan melalui pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD dengan subjek mahasiswa semester 1. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu: reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa keterampilan proses sains yang belum dikuasai oleh mahasiswa PGSD, yaitu keterampilan membuat definisi operasional variabel, komunikasi tertulis, mengontrol variabel, serta menyimpulkan. Selain itu, ada sikap ilmiah juga masih perlu dikembangkan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA, yaitu sikap percaya hanya pada sumber-sumber yang kredibel. Keterampilan proses sains dan sikap ilmiah tersebut direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut dengan membiasakan pembelajaran berbasis diskoveri dan ikuiri.
Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0 Agung Prihatmojo; Badawi Badawi
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.076 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i1.41129

Abstract

Teknologi internet semakin mudah diakses, dengan hadirnya smartphone seakan dunia dalam genggaman. Kecanggihan smartphone menyajikan kemudahan dalam mengakses internet, media sosial dan game online. Ketidaksiapan pengetahuan dari anak-anak dalam menyaring budaya barat seakan-akan semua budaya barat patut ditiru. Hal inilah yang menyebabkan degradasi moral anak usia sekolah dasar. Degradasi moral dipandang sebagai kemerosotan nilai-nilai dan kualitas hidup serta kemerosotan identitas bangsa. Degradasi moral di sekolah dasar semakin memprihatinkan dari banyaknya penyimpangan-penyimpangan perilaku oleh pelajar sekolah dasar, seperti perkelahian antar pelajar, pemerkosaan, bullying, narkoba, pelecehan seksual, mabuk dan merokok dilingkungan sekolah di lingkungan sekolah. Degradasi moral yang terjadi pada saat ini menjadi tantangan sekolah dasar dalam implementasi kurikulum berbasis pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan suatu upaya dalam mengatasi degradasi moral di lingkungan sekolah dasar. Pendidikan karakter dapat mencegah siswa sekolah dasar dari degradasi moral. Pengembangan pendidikan karakter dalam kurikulum disekolah dasar maka diperlukan implementasi kedalam intrakulikuler, ekstrakulikuler dan proses pembelajaran di kelas. Dengan terbentuknya moral yang baik maka akan jadi pengingat dan batasan dalam melakukan tindakan. Penanaman karakter yang baik dalam proses pendidikan akan menghasilkan generasi yang unggul dan bermartabat.
Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS untuk Kelas VII Harisna Hikmah; Edy Wahyu Wibowo
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.103 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.46198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS bagi siswa kelas VII MTs. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dan kuantitif.  Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan angket dan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi, analisis buku, dan komentar dari validator ahli. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas VII MTs Al Falaah Pandak yang berisi tentang materi dan aktifitas – aktifitas pembelajaran yang berbasis pada pembiasaan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) yang mencakup pada menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta atau memproduksi. Hasil dari nilai rerata validitas ahli sebesar 3.48 dan hasil angket siswa sebesar 3,23 yang menyatakan bahawa modul ini layak digunakan.
PENGEMBANGAN SOCIAL SKILL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) Putri Rachmadyanti; Rochani Rochani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.7 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.15290

Abstract

Abstrak :Pendidikan Dasar memegang peranan kuat dalam memberikan pondasi kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa. Domain- domain tersebut akan mengantarkan siswa untuk hidup dan berkembang di masyarakat. Namun, kenyataannya beberapa kasus pembelajaran masih menganggap aspek kognitif yang paling utama dikembangkan di Sekolah Dasar, dan kurang mengembangkan kepekaan atau keterampilan sosial siswa. Padahal keterampilan sosial merupakan keterampilan dalam bermasyarakat, karena didalamnya mengisyaratkan tentang nilai- nilai dan norma yang ada di masyarakat. Salah satu pembelajaran sikap dan nilai yang dapat dilakukan adalah mellui teknik klarifikasi nilai ( VCT). Melalui VCT ini diharapkan dapat mengukur kesdaran siswa akan nilai yang ada di masyarakat. Selain itu, melalui VCT guru dapat membantu siswa untuk mengungkapkan perasaanya melalui dialog secara terbuka dan bebas. Kata kunci: VCT, keterampilan sosial, siswa, Sekolah Dasar
ANALISIS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SDIT QOSRUL MUHAJIRIN KABUPATEN TASIKMALAYA Riga Zahara Nurani; Hatma Heris Mahendra
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 2, No 2 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.567 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v2i2.25106

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kalangan masyarakat. SDIT memiliki kurikulum yang berbeda dengan SD pada umumnya. Setiap SDIT biasanya memiliki keunggulan tersendiri dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara umum tentang kurikulum yang digunakan di SDIT Qosrul Muhajirin Kabupaten Tasikmalaya beserta pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, SDIT Qasrul Muhajirin memiliki kekhasan dalam bidang tahfidz quran. Siswa yang sekolah di SDIT ini wajib hafal 2 juz selama 6 tahun pembelajaran, yaitu juz 30 dan juz 29. Di sekolah ini, pendidikan agama ditanamkan sejak dini salah satunya dengan pembiasaan shalat duha setiap hari sebelum pembelajaran. Selain itu, mulai kelas 4 SD para siswa diwajibkan mondok di sekolah setiap malam sabtu untuk melakukan tahsin quran dan pembiasaan shalat tahajud. Sekolah ini banyak dipilih oleh orang tua karena pendidikan agama yang diberikan kepada para siswa ditanamkan secara langsung melalui proses pembiasaan.   

Page 1 of 33 | Total Record : 328