DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 3, No 2 (2019): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia SD Menggunakan Google Classroom

Wahyu Nuning Budiarti (Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penggunaan smartphone saat ini tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya orang dewasa, generasi yang terlahir dengan teknologi yang sudah berkembang dengan sangat pesat adalah anak-anak yang masih berada di tingkat Sekolah Dasar. Mereka sudah sangat mengenal smartphone. Aplikasi smartphone yang dimaksud disini adalah Google Classroom. Selain hemat kertas, penggunaan Google Classroom ini dapat mengajak peserta didik supaya dapat memanfaatkan smartphone dengan baik. Bahasa Indonesia juga merupakan mata pelajaran yang dapat terintegrasi dengan semua mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar. Oleh karena itu peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia dibutuhkan di dalam pembelajaran. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan hasil penelitian bahwa penggunaan Google Classroom terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa meningkat dengan pengawasan orang tua dalam mengerjakan tugas. Kesimpulan jika kita sudah tidak bisa membatasi siswa menggunakan smartphone, maka kita harus mulai mengintegrasikan ke dalam pembelajaran, supaya penggunaan smartphone lebih bermanfaat bagi kehiduoan mereka sebagai siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...