Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 8, No 1 (2020): Volume 8, Nomor 1 Tahun 2020

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR SISWA KELAS X OTP 2 SMK NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

Sari, Putri Mela (Unknown)
Adha, Idul (Unknown)
Efuansyah, Efuansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan, faktor-faktor penyebab kesalahan serta solusi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konseptual (57%), kesalahan prosedural (62%), dan kesalahan komputasi (73%). Berdasarkan hasil wawancara penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu: Siswa tidak paham dengan maksud soal, siswa kurang cermat dan teliti dalam membaca soal, siswa kurang percaya diri dalam menjawab soal, siswa kurang memahami konsep dari program linear, siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, dan siswa tidak terbiasa membuat kesimpulan akhir jawaban.Kata Kunci: analisis kesalahan, soal cerita, program linear.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...