Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 9 No 2 (2020)

Kelayakan Teoritis E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Faradiba, Dewi Farokha (Unknown)
Rachmadiarti, Fida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

E-book interaktif materi ekosistem merupakan bahan ajar berupa media elektronik yang digunakan untuk mempelajari materi ekosistem disekolah. E-book interaktif materi ekosistem melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis e-book interaktif materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan odel pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode validasi oleh dua pakar biologi bidang pendidikan dan materi ekosistem, serta satu guru biologi SMA. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan teoritis e-book ditinjau berdasarkan tiga komponen yaitu komponen penyajian, isi, dan kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 3,87 dengan persentase 96,9% menunjukkan e-book interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci: Kelayakan teoritis, e-book interaktif, berpikir kritis, ekosistem.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...