cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 1,294 Documents
STUDI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN INVERTEBRATA KELAS X SMA DENGAN MENGINTEGRASIKAN FIELD TRIP JELAJAH PANTAI KHOIRUS SHALEH, WAHYU
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi invertebrata memiliki cakupan yang luas, banyak istilah asing, contoh hewan yang beragam, serta keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah. Metode field trip merupakan sebuah perjalanan pendidikan yang dapat memberikan pengalaman belajar lebih baik bagi siswa maupun guru sehingga dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa pada materi invertebrata dengan mengintegrasikan field trip jelajah pantai. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental Design dan pola one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan secara terbatas kepada siswa kelas X-MIA 2 MAN Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu, metode observasi, metode angket motivasi, dan metode tes hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, motivasi belajar siswa menunjukkan kategori sangat kuat dengan skor rata-rata 85,5 dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang tinggi dengan rata-rata nilai N-gain yang diperoleh 0,74. Kesimpulan penelitian yang dilakukan, yaitu pembelajaran biologi materi invertebrata dengan mengintegrasikan metode field trip jelajah pantai dapat terlaksana dengan baik sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Invertebrata, Field Trip, Jelajah Pantai, Motivasi, Hasil Belajar
VALIDITAS BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X BERBASIS AKTIVITAS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH HAYATI, NURUL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada pembelajaran Biologi terdiri dari beberapa materi pelajaran yang harus dipahami oleh siswa. Salah satu materi pelajaran Biologi ialah perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Materi ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Buku berbasis aktivitas sangat diperlukan, karena siswalah yang mejadi subyek, pelaku kegiatan belajar. Siswa dapat menemukan sendiri pemahamannya, memupuk kerjasama diantara teman, langsung mengalami sendiri, dan bekerjasama dengan kemampuan sendiri dengan melakukan suatu aktivitas belajar baik kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, motorik, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi SMA kelas X berbasis aktivitas materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah yang valid. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang termasuk dalam model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Buku ajar yang diujicobakan tergolong uji coba terbatas pada 15 siswa kelas X SMA Negeri 1 Sampang. Hasil validasi dari penilaian validitas oleh pakar pendidikan, pakar materi, dan praktisi, buku ajar biologi kelas X berbasis aktivitas pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: validitas, buku ajar, biologi, aktivitas belajar, perubahan lingkungan dan daur ulang limbah
PENGEMBANGAN MONOPOLI PROTISTA SEBAGAI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SISWA KELAS X PUTRI ANDRIYANI, KARINA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan monopoli yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis meliputi aspek validitas media, sedangkan kelayakan empiris meliputi aspek aktivitas, hasil belajar siswa dan motivasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Langkah-langkah ASSURE yaitu analisis karakter siswa, menentukan tujuan, pemilihan media, penggunaan media dan bahan, menjaring partisipasi dan respons siswa, dan evaluasi-revisi. Kegiatan pengembangan media dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA-UNESA pada bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Maret 2016. Uji coba media dilakukan di SMAN 2 Sidoarjo pada tanggal 2 juni 2016. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu menghasilkan 1 set monopoli yang terdiri dari beberan monopoli, kartu pertanyaan yang telah di sesuaikan dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD) 3.5 yaitu menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan pritista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis, kunci jawaban, kartu hak milik, petunjuk penggunaan, penanda Landmark, bidak dan dadu. Media permainan monopoli protista dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas media memperoleh penilaian sebesar 98,3% dengan kategori sangat valid. Penilaian berdasarkan aspek aktivitas siswa sebesar 94,4% dengan kategori sangat valid. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa rata-rata (g) 0,82 dengan kategori tinggi dan motivasi siswa sebesar 95,4% dengan kategori sangat valid. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan monopoli protista pada materi protista mirip tumbuhan layak secara teoritis dan empiris untuk dikembangkan dalam pembelajaran biologi di SMA kelas X. Kata kunci: Monopoli Protista, Pengembangan, Permainan Edukatif
KETERBACAAN TEKS BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA PAWAHYUNING TRIHANIS HIMALA, SIDRA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterbacaan merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian buku ajar berbasis aktivitas pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA untuk kelas X. Metode keterbacaan buku ajar yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Keterbacaan buku ajar diukur menggunakan formula keterbacaan grafik Fry. Hasil keterbacaan menunjukkan bahwa teks buku ajar berbasis aktivitas berada pada tingkatan 10, dengan artian buku ajar berbasis aktivitas cocok untuk digunakan pada pembelajaran kelas X SMA Kata kunci : keterbacaan teks, grafik Fry, materi ruang lingkup biologi
VALIDITAS DAN KEEFEKTIFAN KARTU PERMAINAN DILELANG UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PAUZIAH MARTLIATI, RIZKY
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kartu permainan dilelang merupakan suatu kartu berisi pertanyaan dan memacu siswa dengan terlibat dalam permainan untuk berkomunikasi dengan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan kartu permainan dilelang yang layak berdasarkan validitas dan keefektifan kartu untuk melatih keterampilan berkomunikasi siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian pengembangan ini mengacu model pengembangan ADDIE (Analysis–Design–Development–Implementation-Evaluation). Kartu permainan dilelang diujicobakan kepada 15 siswa kelas XI MIA secara terbatas. Validitas dan keefektifan kartu dinilai berdasarkan hasil validasi dan pengamatan kemampuan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu permainan dilelang memperoleh persentase validasi 100% dengan kategori sangat kuat. Kemampuan berkomunikasi siswa pada sesi ke-1 memperoleh persentase sebesar 85,32% dengan kategori baik dan sesi ke-2 sebesar 90,96% dengan kategori sangat baik serta gain score sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil validasi dan pengamatan kemampuan komunikasi siswa dapat disimpulkan bahwa kartu permainan dilelang layak digunakan untuk melatih kemampuan komunikasi siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Kata kunci: kartu permainan dilelang, validitas dan keefektifan, keterampilan berkomunikasi, sistem pencernaan manusia
UPAYA PEMANTAPAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TALKING STICK PADA SUBMATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL KELAS XI MIA DHAMANING TYAS, DEVEGA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru dituntut untuk bisa menciptakan pembelajaran yang menarik, memotivasi, dan kreatif guna memantapkan konsep peserta didik terhadap materi tertentu. Upaya pemantapan konsep tersebut dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa permainan edukatif. Alat bantu yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kartu permainan menggunakan talking stick pada submateri struktur dan fungsi organel sel kelas XI MIA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kartu permainan pada submateri struktur dan fungsi organel sel kelas XI MIA yang valid, praktis, dan efektif guna memantapkan konsep dari peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Pengembangan dari kartu permainan guna memantapkan konsep peserta didik terhadap materi tertentu ini dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNESA, sedangkan kegiatan uji coba dilaksanakan di SMAN 1 Wonoayu secara terbatas menggunakan peserta didik kelas XI MIA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi kartu dan petunjuk penggunaan kartu sebesar 94,2% (sangat valid) dan 95,02% (sangat valid); hasil keterlaksanaan aktivitas sebesar 100% (sangat praktis); hasil belajar peserta didik sebesar 80% (sangat efektif); dan hasil respons peserta didik sebesar 93,3% (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa alat bantu berupa kartu permainan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata kunci: talking stick, pengembangan, struktur dan fungsi organel sel.
VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA UMI NUR AYATI, LIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran blog pada materi virus untuk kelas X SMA diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan ICT siswa dan hasil belajar siswa. Tampilan blog yang menarik tidak hanya diisi dengan tulisan tetapi juga dapat diisi dengan gambar dan animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran blog yang layak untuk digunakan dalam media pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model R&D yaitu Research and development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran blog dikatakan sangat valid dengan perolehan persentase sebesar 93,7% dengan rincian aspek isi, bahasa, penyajian, dan cara mengoprasionalkan media berturut-turut memperoleh persentase 95,0%, 91,6%, 91,7%, dan 97,4%. Kata Kunci: media pembelajaran blog, validitas media pembelajaran, materi virus.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI FUNGI KELAS X SMA/MA WIDIAN DINAR, AL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran biologi yang layak berdasarkan aspek teoritis dan empiris. Metode Research and Development (R&D) yang digunakan dalam penelitian dibatasi hanya sampai studi pengembangan pada tahapan uji coba terbatas. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen penilaian autentik meliputi penilaian sikap spiritual dengan teknik penilaian diri, sikap sosial dengan teknik observasi, pengetahuan berupa tes essay, keterampilan dengan penilaian produk. Instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran biologi materi fungi siswa kelas X SMA/MA yang dikembangkan layak berdasarkan aspek teoritis dan aspek empiris. Ditinjau dari aspek teoretis telah memenuhi kriteria validitas dari ranah isi (materi) 86,1%, konstruksi 88,3%, dan bahasa 87,5% dalam kategori sangat valid. Berdasarkan aspek empiris ditinjau dari keterlaksanaan instrumen sebesar 3,89 (sangat baik), reliabilitas instrumen kompetensi sikap spiritual 0,67 dan sosial 0,61 reliabel dengan interpretasi tinggi, kompetensi pengetahuan sebesar 0,42 reliabel dalam kategori sedang, keterampilan proses dengan reliabilitas 0,67 dan penilaian produk sebesar 0,73 keduanya reliabel dengan intepretasi tinggi sehingga termasuk kategori sangat layak untuk digunakan. Kata kunci: instrumen penilaian autentik, pembelajaran biologi, fungi.
PENERAPAN  LKS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 7E MATERI PENGELOLAAN LIMBAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS X MA DIANA MAULIDA, NUR
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa yang digunakan di sekolah-sekolah hanya memuat aktifitas kognitif, terutama di MAN 2 Gresik. Tuntutan dalam kurikulum 2013 tidak hanya mengacu pada kompetensi pengetahuan dan sikap, tetapi juga kompetensi keterampilan. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan LKS berorientasi Learning Cycle 7E untuk melatikan keterampilan proses siswa materi pengelolaan limbah kelas X MAN 2 Gresik dengan mengadaptasi LKS yang dikembangkan oleh Azizah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterlaksanaan pembelajaran, 2) keterampilan proses siswa, dan 3) respon siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One shot case study, sasaran penelitian sebanyak 60 siswa kelas X MAN 2 Gresik. Parameter yang diukur adalah 1) keterlaksanaan pembelajaran, 2) keterampilan proses siswa, dan 3) respon siswa. Hasil penelitian akan dianalisis dengan metode analisis data kuantitatif. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat baik sebesar 98,71%, 2) Pengamatan keterampilan proses siswa yaitu sebanyak 88,54% siswa telah melaksanakan keterampilan proses dengan sangat baik, dan ketuntasan indikator pada kedua kelas X MIA1dan kelas X MIA 3 mengalami peningkatan dengan kategori tuntas pada hasil posttest. 3) Respon siswa terhadap LKS sebesar 92,94% (sangat baik) atau sangat positif. Kata kunci : Penerapan Lembar Kegiatan Siswa berorientasi Learning Cycle 7E, keterampilan proses, materi pengelolaan limbah.
VALIDITAS, KEPRAKTISAN, DAN KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SUBMATERI ECHINODERMATA KELAS X KURNIA ILAHI, ANDRI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS berbasis scientific approach submateri Filum Echinodermata yang valid, praktis, serta efektif, dan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKS tersebut. Pengembangan LKS menggunakan metode 4-D yaitu Define, Design, Develop, tanpa menerapkan tahap Disseminate. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Puri Mojokerto dengan menggunakan rancangan pretest-posttest. Validitas diperoleh melalui validasi oleh validator. Kepraktisan LKS diukur berdasarkan penilaian keterlaksanaan pembelajaran selama menggunakan LKS. Keefektifan LKS diukur berdasarkan hasil belajar berserta respons siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan LKS. Data validitas, kepraktisan, dan keefektifan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji coba penelitian menunjukkan validitas LKS sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKS sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa sebesar 100% dengan kategori sangat efektif dan berdasarkan respons siswa sebesar 98,67% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penilaian validitas, kepraktisan, dan keefektifan, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis scientific approach submateri Filum Echinodermata valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, LKS, scientific approach, Echinodermata

Page 1 of 130 | Total Record : 1294