cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 1,394 Documents
PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUB MATERI SEL PADA SISWA SMA KELAS XI IPA SUSANTO, ARIF
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan monopoli, dan mendeskripsikan kelayakan media permainan monopoli sebagai media pembelajaran biologi SMA  kelas XI IPA semester 1 pada materi Sel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4 D model sampai tahap pengembangan (Develope). Sasaran penelitian ini yaitu media pembelajaran Sel yang dikemas dalam bentuk permainan monopoli biologi dan perangkat pembelajaran. Uji coba secara terbatas diterapkan pada siswa kelas XI IPA semester 1 SMA Al Azhar Menganti, Gresik tahun ajaran 2011-2012. Hasil penelitian ini berupa media permainan monopoli yang mendapatkan validitas secara teoritis dengan kelayakan aspek format media 90%, aspek visual 94%, aspek fungsi/kualitas media 92,86%, dan aspek kejelasan media dalam penyajian konsep 88,33%. Dari deskripsi tersebut,  media permainan monopoli layak dan dapat diimplementasikan untuk kegiatan belajar mengajar pada materi struktur dan fungsi sel.Kata kunci: media pembelajaran, permainan monopoli materi sel.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KURAINI MASITHUSSY, R
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK- Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS berorientasi keterampilan proses dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, tingkat keterbacaan siswa, dan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berorientasi keterampilan proses. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-P (Four D-models) yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), sedangkan tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Tahap uji coba dilakukan di SMP Negeri 7 Bangkalan pada kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sesuai dengan telaah LKS, LKS berorientasi keterampilan proses yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS yang dilakukan dalam pertemuan I, II, dan III, telah mencapai/memperoleh rata-rata keterlaksanaan sebesar 97,62%. Tingkat keterbacaan LKS berorientasi keterampilan proses memperoleh rata-rata keseluruhan 83,1% yang menjawab “ya”, menunjukkan sebagian besar siswa berpendapat bahasa yang digunakan mudah dipahami dan penampilan LKS menarik. Ketuntasan hasil belajar produk sebesar 76,9% siswa tuntas dan 23,1% tidak tuntas, ketuntasan hasil belajar proses sebesar 73,1% siswa tuntas dan 26,9% tidak tuntas belajarnya. Kata kunci : LKS, Keterampilan Proses, Sistem Pernapasan Manusia
THE DEVELOPMENT OF TEACHING AND LEARNING (CTL)-BASED ECOSYSTEM MODULE FOR LEARNING BIOLOGY IN X-CLASS OF SENIOR HIGH SCHOOL MERRIA DEWI, RAESITA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT- The use of module in learning is important because it can be a means to increase the activity and creativity of students’s learning so that the students can get the best results during the learning process. The research of development of Contextual Teaching and Learning (CTL)-based ecosystem module is intended to describe feasibility of ecosystem module and describes student’s readibility dan responses to Contextual Teaching and Learning (CTL)-based ecosystem module. This research is the research of development of module using 4-D models. This models consists of 4 stages that is define, design, develop and desseminate. This research was carried out only up to the develop stage. The research was conducted in biology FMIPA UNESA and SMA Muhammadiyah 4 Surabaya on June 2011 until February 2012. The parameters measured is the study of experts that be analysized descriptively. Module is said to be feasible if the interpretation of the results of expert examination  ≥ 2,27. The results of the research suggest that Contextual Teaching and Learning (CTL)-based ecosystem module obtains a very feasible category for use in learning. It can be seen from the results of expert examination’s average score is 3,67 with the criteria is feasible. Keywords: module, ecosystems, Contextual Teaching and Learning (CTL)
PENGEMBANGAN MINI BOOK MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN KELAS XI-IPA SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA ARIANTI, FUJI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK- Budaya membaca memiliki peran sangat penting untuk meningkatan mutu masyarakat. Hasil observasi terhadap 24 siswa SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, diketahui bahwa 50 % siswa suka membaca buku pelajaran ketika ada tugas, ulangan atau UTS. Hal ini berarti siswa belum menyadari pentingnya kebutuhan mereka membaca buku pelajaran secara disiplin dan berkelanjutan. Salah satu upaya menumbuhkan minat baca anak adalah menggunakan buku yang menarik dan sesuai dengan usia anak. Penelitian pengembangan mini book ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan mini book berdasarkan hasil telaah dan keterbacaan siswa terhadap mini book. Penelitian ini dilakukan terhadap 12 siswa kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada 3 April 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil telaah mini book yang dikembangkan mendapatkan katagori kelayakan sangat baik dengan persentase kelayakan dari tiga penelaah sebesar 80,71 % dan persentase keterbacaan siswa sebesar 92,29 %. Dari hasil tes siswa diketahui bahwa 66,67 % siswa memahami materi struktur dan fungsi sel dalam mini book dengan baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa dilihat dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mini book materi struktur dan fungsi sel yang dikembangkan oleh peneliti dapat mendukung pembelajaran di kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Kata kunci : mini book, materi struktur dan fungsi sel, SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATERI BIOTEKLOGI DI KELAS XII SMA IPIEMS SURABAYA BERORIENTASI SAINS, TEKNOLOGI, LINGKUNGAN, DAN MASYARAKAT (SETS) SHOFIYATUL MILLAH, ELINA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan IPA diharapkan dapat memberi bekal kepada peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu bersifat arif dan bijaksana dalam menyikapi permasalahan yang ada. Oleh karena itu dibutuhkan buku ajar yang dapat menunjang belajar siswa dan dirancang agar siswa dapat berpikir tinggi dalam memecahkan masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari serta penerapannya dalam masyarakat dan lingkungan serta dapat memberi bekal kecakapan hidup (life skill) siswa. Salah satu pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut ialah pendekatan SETS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat). Pendekatan SETS akan membimbing peserta didik untuk berpikir dan bertindak lokal maupun global dalam memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari–hari dengan mengaitkan secara timbal balik unsur-unsur sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar biologi berorientasi SETS pada materi bioteknologi yang layak secara teoritis dan empiris, mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran biologi menggunakan buku ajar yang dikembangkan dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada pengembangan perangkat  Four-D models dan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diuji cobakan secara terbatas pada 20 siswa SMA IPIEMS Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata persentase telaah  dosen dan guru Biologi berdasarkan kriteria komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian dan komponen SETS secara berturut-turut sebeasar 91,37%, 90,03%, 92,39%, dan 91,98%. Persentase respon keterbacaan siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran berturut-turut sebesar 91,92% dan 93%. Ditinjau dari tes hasil belajar semua siswa dikatakan tuntas, sedangkan ditinjau dari ketuntasan tujuan pembelajaran ada 2 tujuan pembelajaran yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan, bahwa buku ajar materi bioteknologi berorientasi SETS yang dikembangkan layak digunakan baik secara secara teoritis maupun empiris. Kata Kunci: Buku ajar berorientasi SETS, Sains, Lingkungan, Teknologi dan  Masyarakat.
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI MAULIDIYAH, KHUSNA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyampaian materi sistem pernapasan di SMA Negeri 1 Manyar menekankan pada pemahaman konsep, belum ada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan jarang menerapkan metode ilmiah melalui kegiatan praktikum. Sehingga kurang memberikan pengalaman belajar siswa secara langsung. Keterampilan proses membuat siswa lebih aktif dan dapat belajar mandiri dengan menggunakan metode ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengembangkan LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilam proses pada materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilan proses dan mendeskripsikan kelayakan LKS berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pengembangan perangkat Four-D models. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja. Kelayakan LKS yang dikembangkan diukur berdasarkan hasil telaah dan hasil uji coba terbatas yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilan proses pada materi sistem pernapasan. LKS ini sangat layak diterapkan di kelas RSBI. Karena LKS ini dinilai mampu melatihkan aspek-aspek keterampilan proses, yakni membuat rumusan masalah, hipotesis, menentukan variabel, menyusun prosedur percobaan, menginterpretasi data, menganalisis hasil serta membuat simpulan. Dengan skor rata-rata setiap aspek tersebut sebesar 3,60 dan berkategori sangat baik. Hasil uji coba juga menunjukkan respon positif siswa, dengan persentase respon sebesar 87%. Kata kunci : LKS, keterampilan proses, sistem pernapasan
Development of Instructional Equipment Based on Cooperative Learning on The Subtopic Modification of Mendelian Ratios APRILINA, SURYA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with the presence of international school, it is needed an english instructional equipment to support the instructional activities. The aim of this research is to develop the appropriate instructional equipment especially on Biology based on cooperative learning on the suptopic Modification of Mendelian Ratios, to know the appropriarity of the instructional equipment, to know the student’s response toward instructional equipment that developed. The development of this instructional equipment is in accordance with 4-D models consisting phases : define, design, develop, disseminate, with no disseminate phase. This research is done in University State of Surabaya and Khadijah Senior High School. The try out is done using 31 students. The object of the research is the instructional equipment. The appropriarity of the instructional equipment is gained from expert analysis and student’s responses toward the instructional equipment. The result of the research shows (1) analysis of the instructional equipment based on cooperative learning on subtopic Modification of Mendelian Ratios is appropriate, (2) there are 3 instructional goals which are not reached, to define the criptomery, to define the polimery ad to find the genotype and phenotype ratio of polimery. (3) result of student’s read toward the worksheet and student’s book show that they can be easily understood by the students from word choice, sentence, and also the content, (4) result of student’s response toward the worksheet and student’s book that used in instructional process show that the worksheet and the student’s book are interesting and can be understood by the students.Keywords : Instructional equipment, Modification of Mendelian Ratios, Cooperative learning
Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia LINDI TAUFIQOH, PRIMA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang abstrak sehingga dibutuhkan media untuk memvisualisasikan materi tersebut agar lebih terlihat konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Ujicoba terbatas dilakukan kepada 15 siswa SMA Negeri 1 Cerme. Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk kelas XI R-SMA-BI telah layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat baik (91,70%), dengan rincian berdasarkan aspek format media dikategorikan sangat baik (100%); kesesuaian materi sangat baik (95,90%); dan ketatabahasaan baik (79,20%).
Pengembangan Buku Ajar Berjendela pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMP RSBI BARROH, HABIBATUL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses belajar mengajar pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMP RSBI membutuhkan buku yang menarik dan sesuai dengan standar di RSBI. Oleh karena itu, pengembangan buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia dibutuhkan untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam membaca buku ajar serta sesuai dengan standar di RSBI. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia dan mendeskrispsikan kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Fenrich. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMP RSBI yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : buku ajar berjendela, sistem reproduksi manusia, RSBI
Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI SARTIKA AMI, MUCHAROMMAH
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Buku pelajaran yang ada di pasaran memiliki ukuran relatif besar dengan uraian bacaan panjang, dan sebagian besar tampilannya kurang menarik. Beberapa buku pelajaran juga memuat kesalahan konsep pada materi sistem ekskresi manusia. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengembangkan sumber informasi baru berupa buku saku yang berukuran relatif kecil, uraian bacaan pendek, tampilannya menarik, dan tidak mengandung kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan buku saku materi sistem ekskresi manusia dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap: pengembangan dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan buku saku ini layak dan mendapat respon baik dari siswa. Kata kunci: buku pelajaran, sistem ekskresi manusia, buku saku

Page 1 of 140 | Total Record : 1394