Pada proses belajar saat ini, khususnya untuk jenjang SMA sangat tidak efektif jika tidak diseimbangkan dengan teknologi. Banyak sekali teknologi saat ini yang membantu proses belajar siswa SMA khususnya materi biologi tentang jamur yang diselenggarakan dengan inspiratif, interaktif, dan menyenangkan. Sehingga minat siswa dalam mengikuti proses belajar dalam kelas meningkat. Sehingga dikembangkan penelitian media kartu Make a Match mengaplikasikan model ASSURE yang meliputi tahap Analyze Learner, State Objective, tahap Select Media, Materials, and Method, tahap Utilize Media and Materials, tahap Require Learner Participation, dan tahap Evaluate and revise. Dimana penelitian ini hanya sampai pada tahapan Select Media, Materials and Method. Penelitian dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya dan SMAN 2 Sidoarjo. Aspek penilain validasi kartu Make a Match adalah aspek penyajian, aspek format dan aspek isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu Make a Match memperoleh skor rata-rata 3,60 (sangat valid). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu Make a Match pada materi Jamur valid berdasarkan hasil validasi para ahli. Kata Kunci: Pengembangan, Kartu Make a Match, Pembelajaran Menyenangkan, Materi Jamur.
Copyrights © 2021