Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 10 No 1 (2021)

Analisis Penerapan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Sistem Ekskresi terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa SMA

Nurani, Azizah Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar di Satuan Pendidikan bila masih terpusat pada guru, siswa tidak banyak melakukan sesuatu dan mendengarkan saja merupakan salah satu indikator belum tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat bila menggunakan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stary pada materi sistem ekskresi. Prosedur penelitian ini Ada tiga (3) yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga (3) pertemuan : pertemuan I pretest dan diskusi, pertemuan II presentasi, pertemuan III posttest. KKM yang ditetapkan 78 dengan jumlah siswa 60. 20 siswa tuntas dan 40 belum tuntas, rata-rata 63,98 persentase ketuntasan belajar 32%. Hasil posttest 56 siswa tuntas dan 4 siswa belm tunas nilai rata-rata 92,65 atau tingkat ketuntasan mencapai 96%, Maka setelah diterapkan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray menunjukkan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 64%, dengan capaian diatas KKM 78. Kata kunci: Tipe Two Stay Two Stray, proses pembuangan , Ketuntasan Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...