Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi
Vol 1, No 1 (2019): (Januari)

PENGETAHUAN LOKAL IBU TENTANG PENTINGNYA GIZI DAN SARAPAN PAGI BAGI ANAK (Studi :Anak Sekolah Dasar di Masyarakat Pesisir Pulau Kerayaan Kab. Kotabaru)

Syahlan Mattiro (Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Tingkat pengetahuan gizi yang tinggi dapat membentuk sikap yang positif terhadap masalah gizi. Pada akhirnya pengetahuan akan mendorong seseorang untuk menyediakan makanan sehari-hari dalam jumlah dan kualitas gizi yang sesuai dengan kebutuhan. Kadar gizi anak dipengaruhi olehpengasuhnya dalam hal ini adalah ibu. Kurangnya pengetahuan dan salah konsepsi tentang kebutuhan pangan dan nilai pangan adalah umum dijumpai setiap negara di dunia. Kemiskinan dan kekurangan persediaan pangan yang bergizi merupakan faktor penting dalam masalah kurang gizi. Lain sebab yang penting dari gangguan gizi adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi atau kemampuan untuk menerapkan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hariJumlah anak usia sekolah cukup besar, karena anak sebagaiĀ  aset sumber daya manusia dan generasi penerus perlu diperhatikan kehidupannya. Anak sekolah dalam kehidupan sehari-harinya sangat aktif, disamping itu juga mereka dalam masa pertumbuhan yang cepat. Pada kondisi ini anak harus mendapatkan makanan yang bergizi baik kuantitas maupun kualitas. Dengan meningkatnya status gizi anak akan memberikan sumbangan dalam mencerdaskan bangsa.Pada usia sekolah banyak faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan mental dan jasmani. Salah satunya adalah masalah gizi, Jalan untuk menempuh perbaikan gizi anak agar prestasi belajar tidak terganggu salah satunya yaitu dengan perbaikan pola makan di keluarga dengan menekankan pentingnya makan pagi sebelum berangkat sekolah. Golongan anak SD sudah lebih aktif memilih makanan yang disukai. Kebutuhan energi lebih besar karena lebih banyak melakukan aktifitas fisik yang meningkat seperti olahraga, bermain, membantu orang tua dan sebagainya. Energi yang masuk melalui makanan harus sesuai dengan kebutuhan anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

padaringan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Padaringan adalah Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari,Mei,dan September) oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi yang memuat tentang aspek : (1) Hasil Penelitian,(2) Opini, resensi buku maupun info pendidikan, sosiologi serta ...