Jurnal Pari
Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)

ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERIKANAN BUDIDAYA

Erny puspa (Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan pada perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya. Variabel penelitian terdiri dari koleksi, sirkulasi, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan angket. Sampel terdiri 40 resonden, teknik pengambilan sampling dilakukan secara accidental. Analisis pengukuran data menggunakan skala likert dengan penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepuasan terhadap koleksi diperoleh skor rata rata 2,92 (cukup puas),  pada tingkat kepuasan terhadap layanan perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.30 (cukup puas),  pada  tingkat kepuasan terhadap petugas perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.64 (puas) dan pada tingkat kepuasan sarana prasarana diperoleh skor rata rata 3.38 (cukup puas). Hasil rekapitulasi semua variabel diperoleh skor 3.31 berada pada skala interval 2.62-3.42 menunjukkan hasil kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya cukup memuaskan ABSTRACTThe purpose of this research is to know the visitors’ satisfaction level of Puslitbangkan Budidaya library services. Research  consist of collection, circulation, Library workers, and Library’s facilities and infrastructures. The research method is Descriptive Quantitative with data collection techniques through observations, literature review and questionnaires. Samples consist of 40 respondent, sampling techniques are done accidentally. Data measurement is using Likert scale with score calculations. The result for visitors’ satisfactions of library’s collection is 2,92 (adequately content). The result for visitors’ satisfaction to library’s circulation service is 3,3 (adequate). The result for visitors' satisfaction of library's worker is 3,5 and visitors’ satisfaction of library's facilities and infrastructures is 3.64 (adequate). Recapitulation result of all the variables is 3.32 within the scale 2.62-3.42 intervals shows library’s visitors' satisfaction to  Puslitbangkan Budidaya library services is adequate

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal PARI adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekertariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan - Kementrian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP), yang memiliki p-ISSN : 2502-0730 dan e-ISSN : 2549-0133 dengan tujuan menyebarluaskan hasil karya tulis ilmiah di bidang ...