JMI
Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya

WORKSHOP METODE DEMONSTRASI DAPAT MENINGKATKAN POLA PENGAJARAN DAN KREATIFITAS MENGGAMBAR BAGI GURU TEMATIK DI WILAYAH BINAAN V PALMERAH

Imad Sulhi (Pengawas SD di Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2017

Abstract

Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu menggerakkan guru tematik untuk bertindak aktif dan positif, selanjutnya proses belajar perlu dibangun dengan model-model yang menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah. Data menunjukkan dari jumlah 22 orang nyatanya terlihat dalam hasil observasi hanya 22,72% (5 orang) yang  mampu memenuhi kreatifitas menggambar seperti yang diinginkan oleh guru. Hal tersebut dikarenakan guru masih dirasakan mengajar dengan metode konvensional. Guru tematik dirasakan masih saja menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, kemudian penulis sebagai pengawas TK/SD  melakukan penelitian tindakan kelas dengan memfokuskan peningkatan akan penggunaan workshop metode demonstrasi untuk kreatifitas menggambar guru tematik  di Wilayah Binaan V Kecamatan Palmerah. Setelah dilaksanakan penelitian dengan pemberian workshop metode demonstrasi, maka pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 72,72% di akhir siklus guru tematik telah mampu menggambar dengan tema lingkungan, Selanjutnya pada siklus 2 sebanyak 90,90% guru tematik telah mampu menggambar dengan tema binatang.Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan akibat pemberian workshop metode demonstrasi itu sendiri

Copyrights © 2017






Journal Info
JMI

Abbrev

madaniinstitute

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal MADANI Institute menerima kontribusi tulisan yang berkaitan dengan studi-studi Politik, Hukum, ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Budaya baik berupa artikel, laporan penelitian maupun tinjauan ...