cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
ahmadzain@jurnalmadani.or.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
ahmadzain@jurnalmadani.or.id
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JMI
ISSN : 2303145X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal MADANI Institute menerima kontribusi tulisan yang berkaitan dengan studi-studi Politik, Hukum, ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Budaya baik berupa artikel, laporan penelitian maupun tinjauan buku.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 137 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA Murtalib
Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya aktivitas gerak dan respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, respon siswa dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh. Pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran oleh guru kolaborator dengan menggunakan tabel observasi. Pendapat siswa melalui angket yang dibagikan sesudah pembelajaran, sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas dapat meningkatkan aktivitas siswa 29 siswa kategori baik, rasa senang 26 siswa kategori baik, dan unjuk kerja siswa 29 siswa (93,55%) tuntas, sedangkan 2 siswa (6,45%) belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran diatas pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE PENGULANGAN PADA SISWA KELAS VIII-2 SD MENTENG DALAM 01 JAKARTA SELATAN Mandalika, Hayati Sri
Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan jasmani sangat penting, karena bentuk-bentuk kegiatan jasmani atau olahraga didalamnya terdapat permainan dan kegiatan bila dilakukan secara insentif, baik secara perorangan maupun kelompok oleh anggota masyarakat termasuk didalamnya masyarakat sekolah dan dilakukan dengan cara sadar dan sistematik, maka akan memperoleh peningkatan keterampilan gerak jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, pembentukan watak, dan pengembangan prestasi secara optimal. Karena atas dasar itu pula penulis tertarik untuk meneliti passing bawah permainan bola voli yang sudah dimiliki oleh para siswa khususnya para siswa kelas VIII-2 SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan dengan penelitian tindakan kelas karena peneliti mengajar pada Kelas tersebut, dan ternyata dari kelas VIII-1 sampai dengan Kelas VIII-6, setelah diadakan tes passing bawah hanya siswa kelas VIII-2 yang memiliki nilai paling jelek yaitu kurang dari 50 %, sedangkan kelas lain sudah diatas 50 % yang dapat melakukan passing bawah permainan bola voli. Seperti telah diuraikan diatas bahwa pendidikan olahraga yang diberikan di sekolah itu banyak, maka dalam hal ini peneliti hanya membatasi atau akan meneliti dengan materi pokok pada permainan bola voli saja yang kesemuanya berupa praktek. Penelitian hanya dilakukan pada pelajaran sekolah SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan , siswa kelas VIII-2. Penelitian diberikan 3 siklus. Waktu penelitian seminggu sekali yang dilakukan pada pagi hari yaitu pada jam pelajaran olahraga pukul 10.00 s/d 11.30, di halaman sekolah yaitu di lapangan bola voli SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan , test awal dan tes akhir dilakukan pada jam yang sama dan di lapangan yang sama pula
Konsepsi Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur'an Ahmad Zain Sarnoto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini akan mengungkap konsepsi dasar tentang kurikulum pendidikan perspektif Al-Qur'an. dimana banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang memberikan isyarat adalah konsep tentang kurikulum. Kurikulum sendiri dalam proses pendidikan sangat menentukan hasil dari adanya kegiatan pembelajaran, kurikulum yang dipahami adalah susunan atau muatan materi pembelajaran, menjadi penting dikaji karena berkaitan dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri. metode yang digunakan adalah studi pustaka, dimana sumber data yang dicari berasal dari bahan-bahan pustaka seperti buku, jurnal dan sumber pustaka lainnya.
METODE MELIHAT CUPLIKAN PIDATO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIDATO PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI MENTENG DALAM 05 JAKARTA SELATAN Harlinda Siregar
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia tak dapat hidup sendiri, dalam hidupnya selalu membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhubungan dan bergaul dengan orang lain, baik untuk menyatakan keberadaan dirinya, mengekspresikan perasaannya, menyatakan pendapatnya maupun untuk mempengaruhi orang lain demi kepentingannya sendiri, kepentingan kelompok, atau kepentingan bersama. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi dengan mengajarkan berbagai keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa tersebut mencakup empat aspek, yaitu : keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keempat aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, antara aspek yang satu dengan aspek yang lain saling berhubungan. Keterampilan berbicara menunjang keterampilan bahasa lainnya. Pembicara yang baik memberikan contoh yang dapat ditiru oleh penyimak yang baik.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI MENELADANI KISAH NABI AYUB AS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN READING GUID PADA SISWA KELAS V SDN TEBET TIMUR 18 PAGI Eni Rahmulyani
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Oleh karena itu, Guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa senang dalam belajar, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan strategi Reading Guide dan Index Card Matc akan membantu peserta didik lebih mudah dan terfokus dalam memahami suatu materi pokok dan untuk melatih peserta didik agar lebih cermat dan lebih kuat pemahamannya, selain itu juga akan mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam strategi Reading Guide dan Index Card Matc terdapat beberapa strategi dan teknik yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien dan menyenangkan. Berdasar atas uraian di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengungkap pengaruh Metode Reading Guid terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Tebet Timur 18 Pagi Kelas V tahun pelajaran 2012-2013.Ingin mengetahui seberapa jauh kreatifitas siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Bangun datar setelah diterapkannya Metode Reading Guid pada siswa Kelas V SDN Tebet Timur 18 Pagi Tahun Pelajaran 2012-2013 Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang Konstruktifistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh guru Kelas V tahun pelajaran 2012-2013.Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.Sumbangan pemikiran bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Pendidikan Agama Islam
METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11 Baihaqi
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prestasi belajar merupakan dua kata yang saling berkaitan akan tetapi mempunyai makna yang berbeda yaitu dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Sedangkan belajar adalah usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Dari sinilah penulis merasa terdorong untuk membahas dan mengadakan penelitian terhadap masalah, efektifitas penerapan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT . Metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT mempunyai pengertian “cara atau jalan yang tepat dan cocok untuk mengerjakan sesuatu yang efektif dan efisien untuk mencari jawaban atas tugas dengan sumber media IT di rumah, dan dengan hal demikian maka siswa akan mulai sejak dini diperkenalkan dengan IT dan teknologi. Setelah mengadakan tindakan yang kedua dengan cara peneliti memberikan evalusai pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT meningkat menjadi 73,80 serta melanjutkan kepada tindakan yang ke III berupa metode ceramah dan memberikan hasil evaluasi. Dalam penyajian bahan pelajaran perlu diberikan pengertian agar siswa memahami cara-cara, konsep-konsep, sifat-sifat, dan sebagainya yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal yang akan dicari di IT yang diberikan, mengalami kenaikan rata-rata menjadi 83,37
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SDN MANGGARAI SELATAN 03 JAKARTA SELATAN Dianah
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menurut hasil penelitian Van Sickle dalam buku karangan Solihatin, (2006 : 13) judul karangan Cooperatif Learning, Analisis Model Pembelajaran menemukan bahwa sistem belajar kelompok dan debriefing secara individual dan kelompok dalam model cooperatif learning mendorong tumbuhnya tanggung jawab sosial dan individu siswa, berkembangnya sikap ketergantungan yang positif mendorong peningkatan dan kegairahan belajar siswa serta pengembangan ketercapaian kurikulum. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : “Apakah melalui arisan soal berantai dapat meningkatkan hasil belajar IPA Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan bagi siswa kelas VI SD SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I tahun pelajaran 2012 / 2013 ?” Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPA melalui teknik arisan soal berantai bagi siswa Kelas VI SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I Tahun pelajaran 2012/2013. Sekolah yang dimaksud dalam hal ini adalah SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan dapat mengambil manfaat yang langsung dapat diterapkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,sehingga mereka termotivasi untuk senantiasa menggunakan teknik-tekni ktertentu dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.Dengan demikian dapat diharapkan perolehan hasil belajar siswanya dapat meningkat
Konsepsi Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Ahmad Zain Sarnoto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneltian ini untuk mengungkap konsepsi dasar media pembelajaran dalam Al-Qura'an, media sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, dengan media seorang guru dapat  menyampaikan semua pesan dalam materi pembelajarannya, dengan media pula interaksi pembelajaran dapat berlangsung efektif. Al-Qur'an bagi umat Islam tidak saja berfungsi sebagai kitab suci, melainkan sumber ajaran yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan, demikian juga dalam berlangsungnya proses pendidikan. dalam penelitian ini objek kajiannya adalah penafsiran para mufasir dalam mengterprestasikan ayat-ayat Al-Qur'an yang dapat dijadikan landasan membangun konsepsi adanya media pembelajaran. metode yang digunakan adalah studi kepustkaan, dimana sumber datanya didapatkan dari litaratur baik buku, jurnal maupun sumber lainnya.  
PENINGKATAN PEMAHAMAN NOUN PHRASE SISWA DI KELAS VII DI SMP 218 JAKARTA MELALUI PENGGUNAAN KOMIK Suhartini
Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): JURNAL: Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan berkomunikasi, orang – orang di seluruh dunia dapat membagi pengetahuan yang mereka miliki. Menurut UNESCO statistical yearbook (199218) dunia telah mencetak 800.000 judul buku setiap tahun. Permasalahannya muncul ketika bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa Inggris. Seorang pembelajar harus mampu menggunakan bahasa Inggris untuk membaca dan berbicara yang kedua hal itu tidak akan dapat terlaksana tanpa penguasaan vocabulary (kosa kata bahasa Inggris) yang baik. Tetapi ketika bayi tumbuh, umpan balik negatif terus menerus menyerang kepercayaan dirinya. Kita bisa melihat praktek pembelajaran di kelas sebagai contoh. Seorang guru menan yakan sesuatu kepada muridnya. Seorang murid mengacungkan tangann ya dan menjawabnya dengan penuh rasa percaya diri. Jika emosi negatif yang kuat selama proses belajar merupakan musuh dari pembelajaran yang baik, maka pembelajaran yang baik mestinya menjauhinya. Proses pembelajaran harusn ya menyenangkan bagi seluruh siswa. Merupakan tugas guru untuk menyediakan suasana yang menyenangkan selama proses belajar. Guru harus mencari cara untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengkesampingkan ancaman selama proses pembelajaran. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan adalah dengan menggunakan komik sebagai media pembelajaran
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN KLENDER 16 PAGI Subaryati
Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): JURNAL: Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi tidak akan lepas dari perkembangan dalam bidang IPA. Perkembangan dari bidang IPA tidak mungkin terjadi bila tidak disertai dengan peningkatan mutu pendidikan IPA, sedangkan selama ini pelajaran IPA dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Motivasi tidak hanya menjadikan siswa terlibat dalam kegiatan akademik, motivasi juga penting dalam menentukan seberapa jauh siswa akan belajar dari suatu kegiatan pembelajaran atau seberapa jauh menyerap informasi yang disajikan kepada mereka. Dari latar belakang di atas maka penulis dalam penelitian ini mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN Klender 16 Pagi, Jakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”. berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penemuan terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (91,30%). Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar

Page 1 of 14 | Total Record : 137


Filter by Year

2012 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 2 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 1 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 9 No. 2 (2020): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Agama Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Agama Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 2 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): JURNAL: Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): JURNAL: Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol. 4 No. 1 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 3 No. 1 (2014): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): JURNAL: Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 2 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya More Issue