JMI
Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya

METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11

Baihaqi (SD Negeri Menteng Dalam 11 Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Prestasi belajar merupakan dua kata yang saling berkaitan akan tetapi mempunyai makna yang berbeda yaitu dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Sedangkan belajar adalah usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Dari sinilah penulis merasa terdorong untuk membahas dan mengadakan penelitian terhadap masalah, efektifitas penerapan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT . Metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT mempunyai pengertian “cara atau jalan yang tepat dan cocok untuk mengerjakan sesuatu yang efektif dan efisien untuk mencari jawaban atas tugas dengan sumber media IT di rumah, dan dengan hal demikian maka siswa akan mulai sejak dini diperkenalkan dengan IT dan teknologi. Setelah mengadakan tindakan yang kedua dengan cara peneliti memberikan evalusai pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT meningkat menjadi 73,80 serta melanjutkan kepada tindakan yang ke III berupa metode ceramah dan memberikan hasil evaluasi. Dalam penyajian bahan pelajaran perlu diberikan pengertian agar siswa memahami cara-cara, konsep-konsep, sifat-sifat, dan sebagainya yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal yang akan dicari di IT yang diberikan, mengalami kenaikan rata-rata menjadi 83,37

Copyrights © 2016






Journal Info
JMI

Abbrev

madaniinstitute

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal MADANI Institute menerima kontribusi tulisan yang berkaitan dengan studi-studi Politik, Hukum, ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Budaya baik berupa artikel, laporan penelitian maupun tinjauan ...