Indonesian Journal of Industrial Engineering & Management
Vol 1, No 2: June 2020

Metode Value Stream Mapping dan Six Sigma untuk Perbaikan Kualitas Layanan Industri di Automotive Services Indonesia

Aris Trimarjoko (STT Yuppentek, Tangerang)
Dimas Mukhlis Hidayat Fathurohman (Universitas Mercubuana)
Suwandi Suwandi (STT Yuppentek, Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses dalam industri. Kualitas pelayanan merupakan atribut penting dan merupakan faktor kunci industri jasa. Peningkatan kualitas pelayanan dalam industri penjualan mobil di Indonesia merupakan fokus dari penelitian ini. Value Stream Mapping berhasil mengidentifikasi permasalahan yang sedang terjadi dalam penelitian ini yang diakibatkan 3 sub proses, yaitu: waiting service, washing proses dan service proses yang lama, metode Six Sigma  berhasil menganalisis dan merekomendasikan tindakan perbaikan dan  berhasil mengurangi total waktu pelayanan dari 141,02 menit menjadi 64,00 menit atau naik 55% per satu siklus pelayanan, dan berhasil meningkatkan kapabilitas proses pelayanan dari -1,56 sigma menjadi 3,81 sigma.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijiem

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The journal aims to advance the theoretical and applied knowledge of this rapidly evolving field, with a special focus on industrial engineering and management, organisation of production processes, management of production knowledge, computer integrated management of production flow, enterprise ...