Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 1, No 2 (2018): December

MODEL PENDEKATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING

Halim Simatupang (Universitas Negeri Medan)
Aryeni Aryeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas lesson study dalam meningkatkan keterampilan mengajar calon guru biologi pada Prodi Pendidikan Biologi Unimed. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi yang mengikuti matakuliah micro teaching berjumlah 9 orang. Prosedur penelitian dalam bentuk kegiatan lesson study yaitu: (1) Plan (perencanaan); (2) Do (pelaksanaan) dan; (3) See (refleksi) yang diintegrasikan dengan mata kuliah micro teaching. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi terhadap RPP yang dibuat dan proses pelaksanaan pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif yang diperoleh dari observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) dalam microplan (menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran), dari 7 aspek yang dinilai diperoleh keidealan yaitu: (1) kelengkapan identitas RPP diperoleh 67,8% menjadi 89,2%; (2) perumusan tujuan pembelajaran diperoleh 66,6% menjadi 91,6%; (3) Uraian materi pokok diperoleh 58,3% menjadi 83,3%; (4) metode, strategi dan media pembelajaran diperoleh 66,6%; menjadi 91,6%; (5) rancangan langkah-langkah pembelajaran berbasis saintifik diperoleh 66,6%, menjadi 83,3%; (6) Penilaian (kognitif, sikap dan keterampilan) diperoleh 75%, menjadi 90%; dan (7) sumber belajar diperoleh 75%, menjadi 87,5. 2) Pelaksanaan (Do) dengan penerapan lesson study terjadi peningkatan yang sangat baik dimana dari 3 aspek yang dinilai memperoleh keidealan yaitu (1) Pendahuluan, 68,7% kategori Cukup, menjadi 87,5% kategori Sangat Baik; (2) Inti, 60%, menjadi 82,5% Kategori Baik;  dan (3) Penutup 62,5% kategori tidak baik, menjadi 93,7% kategori Sangat Baik. Simpulannya penerapan pendekatan lesson study pada matakuliah microteaching dapat meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa.

Copyrights © 2018