Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 2, No 2 (2019): December

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RESPIRASI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BILAH HULU

Rahmi Nazliah (Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhanbatu)
Risma Delima Harahap (Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhanbatu)
Elysa Rohayani Hasibuan (Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada materi respirasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan sampel Total Sampling. Kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping sedangkan kelas XI2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan pada taraf signifikansi α=0,05. Hasil Uji Hipotesis data Post-test model pembelajaran Mind Mapping dan model konvesional diperoleh thitung = 17,947 dan daftar ttabel = 1,686. Sehingga thitung≥ ttabel (17,947≥ 1,686). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada materi respirasi. Dengan demikian Model Pembelajaran Mind Mapping lebih baik digunakan pada materi respirasi dibandingan dengan Model Pembelajaran Konvesional.Kata Kunci : Mind Mapping, Konvesional, Hasil Belajar, Respirasi.

Copyrights © 2019