Statistika kontekstual-islami (TIKOMI) didesain untuk mengembangkan potensi anak secara menyeluruh. TIKOMIadalah statistika yang diajarkan disekolah dengan menempatkan realitas dan lingkungan sekitar kehidupan siswa sebagai titikawal pembelajaran. TIKOMI mempunyai 5 karakteristik yakni: menggunakan masalah konteksual, menggunakan model,menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas yang tinggi, dan terintegrasi (intertwining). Muatan keislaman ada pada setiapkarakteristik tersebut, realitas dan lingkungan yang diangkat dalam permasalahan dipilih berdasarkan sejauh mana kontribusinyadalam mengemban amanat agama. TIKOMI merupakan terobosan baru, yang memberikan arah baru dalam pembelajaranstatistik disekolah, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Diharapkan pembelajaran statistika dengan pendekatan TIKOMI inidapat memotivasi siswa dan mampu mendidik para siswa tumbuh menjadi orang-orang yang mampu berpikir secara mandiri dankreatif, berkepribadian mandiri, agamis, dan mempunyai kemampuan dan keberanian dalam menghadapi masalah-masalah dalamkehidupan mereka. Dan secara khusus dapat memacu minat para siswa agar gemar statistika, serta dapat memberikan kontribusidalam peningkatan kualitas keislaman mereka
Copyrights © 2003