Jurnal Ilmiah Didaktika : Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2019

PEMBELAJARAN KIMIA INOVATIF UNTUK MELATIH SISWA MENJELASKAN DAN MENYELESAIKAN MASALAH

Mujakir Mujakir (Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Rusydi Rusydi (prodi Fisika FTK UIN AR-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Kemampuan peserta didik menjelaskan contoh konsep sangat kurang. Fakta tersebut diperoleh dari hasil pendampingan yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Madrasyah Aliyah Negeri yang menjadibinaan UIN Ar-raniry Banda Aceh. Berdasarkan fakta di atas peneliti melakukan pengabdian berbasis riset yang dibiayai oleh DIKTIS tahun anggaran 2018. Tujuan penelitian adalah mendesain pembelajaran kimia inovatif dengan melibatkan tiga level representasi kimia. Desain pembelajaran ini, di dalam implementasinya, menggunakan prosedur spesifik, yaitu parafrase, elaborasi, latihan rutin dan nonrutin, dan cek kembali. Prosedur tersebut dirancang untuk melatih peserta didik menganalisis dan menjelaskan konsep. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar validasi, lembar pengamatan pendampingan, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang dikembangkan, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Data kuanitatif terdiri atas (a) data hasil validasi desain yang dikembangkan dan (b) data hasil belejar setelah pendampingan implementasi di dalam kelas, sedangkan data yang dianalisis secara kualitatif, yaitu (a) hasil pendampinga nmendesain pembelajaran, (b) hasil pendampingan implementasi di dalam kelas. Berdasarkan hasil progress penelitian yang telah dilaksanakan dapat dikatakan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat peserta didik lebih teliti, terampil dalam menjelaskan konsep kimia, dan sentitif terhadap fenomena kimia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Didaktika is a nationally and internationally peer reviewed general education journal open for teachers, educators and education researchers from the field of general education and related researches. We welcome all contributions that enhance and illuminate the discussion on education. ...