Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia
Vol 2, No 1 (2014): Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia

Pengaruh Media Animasi Submikroskopik Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Siswa

Ratna Azizah Mashami (IKIP Mataram)
Yayuk Andayani (Universitas Mataram)
Gunawan Gunawan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi Submikroskopik (MAS) terhadap kemampuan representasi siswa pada setiap sub materi pokok larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan (N-gain) kemampuan representasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi (p=0,002) dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-gain kemampuan representasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol pada setiap sub materi pokok. Konsep komponen larutan penyangga mengalami peningkatan tertinggi di kelas eksperimen (rata-rata N-gain = 81,21%). Konsep pH larutan penyangga mengalami peningkatan tertinggi di kelas kontrol (rata-rata N-gain = 76,42%). MAS memuat konsep larutan penyangga pada level submikroskopik dengan jelas sehingga dapat membantu siswa memahami konsep-konsep pada level makroskopik dan simbolik. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa MAS dapat meningkatkan kemampuan representasi siswa pada setiap sub materi pokok.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hydrogen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Hydrogen: The Chemistry Education Journal published by the Chemistry Education Study Program which contains articles raised from the results of conceptual research and studies in chemistry and chemistry education including education and learning, device development, media and learning ...