Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 1 (2020): JKK

Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Ion dalam Larutan Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Susianti, Eli (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana melalui model pembelajaran NHT dapat membantu siswa dalam memahami materi kesetimbangan ion dalam larutan, meningkatkan aktivitas, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 semester 2 TP.2014/2015 SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan 6 kali tatap muka. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran yang diambil dari angket pada setiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran ≥ 72% yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa, (2) apabila ≥ 72% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I dan II ≥ 72. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 56,25%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama 63,64%, pada pertemuan kedua 72,73%, dan pada pertemuan ketiga 81,82%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,56 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,75%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama 88,67%, pertemuan kedua 90,91%, dan pada pertemuan ketiga 93,18%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa kelas XI IPA2 semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 pada materi kesetimbangan ion dalam larutan. Melalui model pembelajaran ini terciptalah suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Dari hasil penelitian, 96,875% siswa senang dengan model pembelajaran Numbered Heads Together ini. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥ 72 sebanyak 18 siswa (56,25%), sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 72 sebanyak 30 siswa (93,75%). Ini berarti hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran NHT.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...