Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): Oktober

ANALISIS PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN MULTIMEDIA OLEH MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN IKIP MATARAM

Wiwien Kurniawati (TP)
Muhtar Ahmad (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Mahasiswa dalam pembuatan media pembelajaran yang layak digunnakan dalam proses pembelajaran.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Teknik analisis data berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran, yaitu aspek Pewarnaan, aspek Pemakaian Kata dan Bahasa, aspek Tampilan pada Layar, aspek Penyajian, aspek Animasi dan Suara. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli media untuk pembuatan media pembelajaran oleh Mahasiswa pada mata kuliah pendidikan multimedia di program studi Teknologi Pendidikan, perolehan persentase untuk setiap aspek yaitu  aspek Pewarnaan 57 %, aspek Pemakaian Kata dan Bahasa 55 %, aspek  Tampilan pada Layar 58 %, aspek Penyajian 57 %, aspek Animasi dan Suara 56 % yang  artinya media pembelajaran yang dibuat oleh Mahasiswa dalam kategori Layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan  untuk uji kelayakan ahli materi memiliki 3 aspek, yaitu aspek Kelayakan Isi, aspek Kelayakan Penyajian, aspek Kontekstual. Hasil analisis  kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase untuk masing-masing aspek yaitu, aspek Kelayakan Isi 99 %, aspek Kelayakan Penyajian 87 %, dan aspek Kontekstual 88 %, dimana semua aspek dalam kategori Sangat Layak. Hal ini dapat dilihat  dari kesesuaian antara media yang dibuat sesuai dengan pemanfaatan dan tujuan pembelajaran. sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa memiliki kemampuan yang layak dalam pembuatan media pembelajaran untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendidikan Multimedia

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...